Pertemuan guru BK jenjang SD-SLTA merupakan salah satu kegiatan seksi BK dan Psikoedukatif BPK PENABUR Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh guru BK dari jenjang SD-SLTA. Pertemuan guru BK ini dilaksanakan pada 27 Agustus 2013 di SMPK 2 PENABUR Pembangunan dengan jumlah peserta kurang lebih 100 guru BK dari seluruh jenjang.

SAM_0512Kegiatan diawali dengan doa dan renungan yang dibawakan Ibu Lisa Kumalanty selaku Kasi BK & Psikoedukatif. Pujian pembukaan diambil dari Kidung Jemaat No. 18 “Allah Hadir Bagi Kita” dengan diiringi permainan organ yang indah  oleh Bapak Frankie. Ibu Lisa memberikan renungan yang mampu menyentuh hati dan mengingatkan kami untuk melayani peserta didik dengan kasih yang tulus. Renungan ditutup dengan lagu pujian yang diambil dari NKB no. 200 “Di Jalan Hidup yang Lebar, Sempit”.

Selesai renungan dan puji-pujian, acara dilanjutkan dengan perkenalan guru  BK dari jenjang SD-SLTA yang dipimpin oleh masing-masing koordinator. Dengan gayanya yang khas, tiap-tiap koordinator memperkenalkan rekan-rekan guru BK sesuai dengan jenjangnya. Jenjang SD dipimpin oleh Ibu Jeanne selaku koordinator BK jenjang SD. Kemudian, untuk jenjang SMP dipandu oleh Ibu Yuliana, dan terakhir jenjang SLTA dipandu oleh Bapak Christian. Sekarang, guru BK  jenjang SD-SLTA BPK PENABUR telah mencapai 100 orang.

SAM_0518

Jenjang SD

SAM_0530

Perwakilan Jenjang SMP (SMPK 7)

SAM_0533

Jenjang SLTA

Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari Bapak Thomas Kristo selaku Kepala Sekolah pembina jenjang SMP. Beliau berharap agar guru BK semakin berperan melalui layanan BK. Sedangkan Ibu Lisa berpesan melalui filosofi pensil, intinya sebagai guru BK kita bersedia dipertajam (menghadapi berbagai hambatan) untuk dapat menghasilkan karya yang indah dan bermanfaat. Bapak Thomas Kristo juga menambahkan filosofi penghapus. Dalam filosofi tersebut, penghapus merelakan dirinya menjadi semakin kecil karena mengkoreksi hasil tulisan pensil sehingga menghasilkan tulisan yang benar. Seperti guru BK yang dengan sukarela, mengkoreksi jika ada peserta didik yang melakukan kesalahan.

SAM_0559Selesai pengarahan dari pembina guru BK, kami memasuki sesi sharing bersama Bapak Thomas Wibowo selaku guru BK SMAK 1 PENABUR. Beliau menjelaskan bagaimana pentingnya peranan guru BK dalam pemilihan karier peserta didik. Tak hanya itu, beliau saat ini sedang mengembangkan pohon karier. Kepedulian beliau terhadap karier diawali dengan kisah beliau yang sempat mengalami salah penjurusan. Bagaimana perjuangan beliau menghadapi setiap rintangan yang ada, sampai pada akhirnya mampu menemukan passion-nya kini. Menurut beliau, sebagai guru BK penting bagi kita untuk mengetahui passion kita dalam layanan BK. Sebagai seorang guru BK yang tertarik di masalah karier, beliau mengatakan bahwa ia sangat terbuka jika rekan-rekan BK mau bersama mengembangkan materi pohon karier yang sedang dikembangkan beliau. Setelah itu, beliau juga menceritakan sedikit mengenai pengalamannya selama mengikuti pelatihan kurikulum 2013 bersama Ibu Natalia (guru BK SMAK 4) dan Ibu Dewi (guru BK SMAK GS).

Pada akhirnya, pertemuan ini ditutup dengan peluncuran web bimbingan & konseling yang telah lama dinantikan dan dilanjutkan dengan MGBK setiap jenjang. Hal penting yang didapatkan dalam pertemuan ini pentingnya passion dalam pelayanan BK