Seperti yang sudah kita ketahui, di dunia ini kita tidak hidup seorang diri, pasti membutuhkan orang lain untuk menyambung hidup kita. Sosialisasi itu sendiri memliki arti sebagai sebuah proses pengenalan individu dengan individu lainnya dengan tujuan saling mengenal. Dengan bersosialisasi kita dapat mengenal, berinteraksi dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Sehingga kita dapat mempelajari berbagai macam karakter dan kepribadian manusia.

Bersosialisasi juga harus memilih, selama bersosialisasi menjadi kebutuhan yang tak bisa kita hindari. Pasti akan melanda setiap insan di bumi ini. Hanya perbedaannya, ada yang mudah bersosialisasi namun ada juga yang sulit untuk bersosialisasi. Bersosialisasi adalah sifat dasar manusia, karena sejak di lahirkan, manusia membutuhkan hubungan dekat dengan orang lain.

Proses bersosialisasi salah satunya adalah dengan berteman. Teman adalah tempat untuk kita dalam mengungkapkan keluh kesah, berbagi kebahagiaan, dan menguatkan kita di saat kita dihadang masalah. Dalam berteman pun kita harus bisa memilih dengan bijak. Hal ini penting untuk menjaga pergaulan. Karena karakter teman akan menjadi cerminan dari sifat kita. Jika kita bersosialisasi dengan orang yang baik kita akan terbawa menjadi orang baik, begitu pun sebaliknya jika kita bersosialisasi dengan orang yang jahat kita akan terbawa menjadi jahat pula.

Idealnya kita bersosialisasi dengan orang-orang yang kualitasnya jauh lebih baik, sehingga kita tidak merasa paling pintar dan paling baik. Justru kita akan merasa paling kurang. Saat bersosialisasi dengan orang – orang yang berkualitas, biasanya kita akan terangsang dan termotivasi untuk belajar dan mengejar ketertinggalan. Karena itu ada yang mengatakan, kalau kita ingin menjadi orang baik maka bergaul-lah dengan orang baik; ingin menjadi pedagang, maka bergaul-lah dengan para pedagang; ingin menjadi seniman, maka bergaul-lah dengan seniman.

Bersosialisasi-pun harus pintar menentukan dan membaca situasi, agar kita tidak terjebak dalam lingkungan sosial yang salah. Kita pun harus pandai menempatkan diri, jangan mudah terpengaruh oleh pengaruh negatif dari lingkungan yang buruk.

Setiap hari masalah yang kita hadapi akan semakin berat dan kompleks. Kita akan terpuruk bila banyaknya masalah tidak diimbangi dengan peningkatan kemampuan diri untuk menyelesaikannya. Sangat rugi bila dalam sehari kita tidak bertemu dengan orang yang lebih baik dari kita. Rugi karena kita tidak mendapat ilmu, wawasan, dan semangat baru. Nah…itulah mengapa bersosialisasi itu penting untuk kita.

Devinna
Guru BK SMPK 5