SAM_1706Tak kenal maka tak sayang itulah ungkapan untuk kami yang masih baru sebagai guru Bimbingan dan Konseling di BPK PENABUR Jakarta. Oleh karena itu, kami diundang hadir di ruang rapat sekretariat untuk mengikuti pembekalan. Pembekalan Guru Bimbingan dan Konseling baru jenjang SD sampai SLTA berlangsung selama tiga hari di Tanjung Duren. Hari pertama tanggal 27 Januari 2014,  kami masing-masing memperkenalkan diri baik nama, tempat bertugas, visi, dan hobi. Acara pembekalan pertama sangat berkesan karena di sini kami satu keluarga besar BK BPK PENABUR Jakarta yang sama-sama mempunyai visi menjadi wadah bimbingan dan konseling yang profesional bagi peserta didik berlandaskan iman, ilmu, dan pelayanan serta misi mendukung sekolah dalam mengembangkan keterampilan hidup peserta didik melalui layanan bimbingan dan konseling berdasarkan nilai-nilai Kristiani.

Pembekalan hari pertama juga diisi permainan yang seru dan setelah itu, Ibu Lisa menyakinkan kia bahwa seorang konselor harus memiliki hati yang tulus untuk mengkonseling siswa dan proaktif dalam kegiatan sekolah. Hal ini semakin ditegaskan dengan motto “I am a COUNSELOR wherever I am” yang diucapkan secara berulang-ulang.

SAM_1832Pembekalan hari kedua pada tanggal 28 Januari 2014, kami bersama-sama membahas dan mendiskusikan berbagai kasus yang dibawakan oleh Ibu Jeanne (guru BK SDK Kota Modern sekaligus koordinator BK jenjang SD). Kasus yang dibahas merupakan bagian dari permasalahan yang pernah timbul di lingkungan sekolah. Di hari kedua pun juga ada pemainan yang seru, yakni melempar bola. Melalui permainan ini, saya mendapat pesan untuk ketuntasan dalam proses konseling baik strategi maupun teknik.

Pembekalan hari ketiga pada tanggal 29 Januari 2014 sempat diundur karena kondisi lingkungan, sehingga baru dilaksanakan pada 5 Februari 2014. Pembekalan di hari ketiga membahas 8 etos kerja menurut Jansen Sinamo, antara lain kerja adalah rahmat; kerja adalah amanah; kerja adalah panggilan; kerja adalah aktualisasi; kerja adalah ibadah; kerja adalah seni; kerja adalah kehormatan; dan kerja adalah pelayanan. Selain itu, juga ada kutipan menarik mengenai kualitas seorang guru menurut William Arthur Ward yaitu ‘the mediocre teacher tells, the good teacher explains, the superior teacher demonstrates, the great teacher inspires.

SAM_2046Menutup kegiatan pembekalan, Ibu Lisa mengajak kami merenungkan apa yang sudah dilakukan di sekolah sebelum mengikuti pembekalan dan mmbuat komitmen dalam bekerja sebagai konselor di sekolah masing-masing. GBU

 

 

Oleh : Olivier Tumbur Aquarison – Guru BK SMPK PENABUR Kota Jababeka