seminar ortu

     Pada Sabtu 22 Maret 2014, SMPK/SMAK PENABUR Kota Wisata mengadakan seminar orangtua dengan topik ‘Kemajuan Teknologi Berdampak Pada Remaja’. Seminar ini dilaksanakan di Aula lantai 4 SMPK/SMAK PENABUR Kota Wisata, dengan pembicaranya Bapak Martin Elvis.

     Seminar orangtua diadakan tepat pada pukul 07.30 – 12.00, yang dipandu oleh orangtua murid kelas 7A David Natanael sebagai MC dan beberapa orangtua untuk menjadi penerima tamu. Seminar dihadiri oleh orangtua murid kelas VII dan kelas X.

     Ayat alkitab yang diambil dari Ulangan 6 : 1 – 9 yang berbunyi, “ajarilah anak-anakmu dengan firman Tuhan siang dan malam supaya kuat dalam segala hal”, serta Filipi 2 : 5 “menaruh pikiran dan perasaan dalam Tuhan” menjadi pembuka seminar hari itu. Setelah itu, seminar dilanjutkan dengan membahas bahaya dan manfaat dari teknologi yang canggih di jaman sekarang. Bahaya dari teknologi pada remaja, antara lain merusak mata; alam sadar menjadi mengganggu hati dan pikiran; dapat menjadi bahan bullying bagi teman-temannya; tidur larut malam; sakit fisik seperti sesak dada; malas belajar; berbohong pada siapapun; berhutang ke tempat yang biasa mereka gunakan untuk bermain, browsing, dan sebagainya; melawan orangtua; serta kurang komunikasi dengan orangtua dan linkungan sekitar.

     Melihat banyaknya bahaya dari teknologi terhadap remaja, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk anak remajanya, antara lain mendampingi anak jika menggunakan teknologi di rumah; komunikasi antara orangtua dan anak; mengembangkan bakat yang dimiliki anak; ajarkan anak keterampilan sosial dengan lingkungan sekitar; olahraga fisik; relaksasi  bersama anak-anak, karena mereka butuh waktu tenang dan tidak dalam tekanan di rumah; tanamkan nilai-nilai kebenaran firman Tuhan sebagai landasan dalam kehidupan mereka; metode pengajaran yang diberikan bukan bentuk perintah; tanamkan tanggung jawab dalam kehidupannya; jadilah panutan untuk anak-anak remaja, karena mereka masih mencari jati diri.

     Setelah selesai pembawaan materi, acara dilanjutkan dengan mengadakan sesi tanya jawab untuk orangtua dan diakhiri dengan doa penutup oleh Ibu Tri Esti..

 

Naomi – Guru BK SMPK/SMAK PENABUR Kota Wisata