hore“Asyiiiiik!! Mama sama papa pergi. Aku bisa main game sepuasnya, bisa makan cokelat yang banyak, bisa menghabiskan es krim di kulkas, juga bisa nonton TV sepuasnya.. Wah asyik banget deh pokoknya libur hari ini!!” seru Lode sambil lompat kegirangan ketika mama dan papanya pergi ke kantor.

Eits.. tunggu dulu! Sobat BEST jangan meniru Lode ya.. Meskipun kita ditinggal sendiri di rumah, bukan berarti kita bebas merdeka melakukan apa saja, lho. Seperti Bangsa Indonesia yang kemerdekaannya diperingati pada tanggal 17 Agustus, kita juga memiliki kemerdekaan, sobat BEST. Kemerdekaan sama saja artinya dengan kebebasan. Orang tua kita memberikan kita kebebasan untuk memilih mainan atau makanan kesukaan kita, kebebasan untuk bersekolah dan memiliki buku pelajaran, juga kebebasan untuk melakukan hobi yang kita sukai. Wah.. baik sekali ya orang tua kita!

Sobat BEST, boleh saja kita merasa merdeka, tapi ingat, kita juga harus bertanggung jawab terhadap kemerdekaan yang sudah diberikan untuk kita. Ada yang tahu apa artinya tanggung jawab? Betul, tepat sekali! Tanggung jawab berarti kita mau menerima akibat dari apa yang kita lakukan. Nah sobat BEST, kebebasan yang diberikan kepada kita seharusnya kita imbangi juga dengan tanggung jawab. Jadi kebebasan kita bukan hanya membuat kita senang, tetapi orang lain juga turut merasakan dampak positifnya.

Lalu, bagaimana caranya menjadi anak yang bertanggung jawab?

  1. Bertanggung jawab terhadap barang yang kita miliki. Untuk menjadi anak yang bertanggung jawab, kita bisa memulai dari barang yang kita miliki. Misalnya, ketika kita selesai bermain, jangan lagi kita minta mama atau mbak merapikan mainan kita, tetapi kita merapikan sendiri mainan yang sudah kita mainkan.
  2. Mengerjakan tugas tepat waktu.  “Nanti dulu ah, ma. Tanggung ma, filmnya lagi seru.”atau “Sebentar lagi pa, belum game over nih gamenya!” Wah.. siapa ya yang masih sering bilang begitu ketika mama dan papa meminta sobat BEST untuk mengerjakan tugas? Memang, sobat BEST! Sering kali kita lupa waktu, kita menunda-nunda tugas yang seharusnya kita kerjakan karena asyik menonton TV atau melakukan hal lain. Tapi kita harus ingat bahwa kita adalah pelajar. Jadi, tugas utama kita adalah be-la-jar.
  3. Belajar sendiri tanpa disuruh orang tua. Mama dan papa sudah lelah seharian bekerja. Nah, ini saatnya Sobat BEST menghilangkan rasa lelah mama dan papa. Caranya, sobat BEST bisa belajar sendiri tanpa harus disuruh lagi oleh mama dan papa. Dengan begitu, mama dan papa akan merasa bangga terhadap kita. Rasa bangga itu akan menggantikan rasa lelah yang mereka rasakan.

Nah.. sudah disimak kan sobat BEST beberapa cara yang bisa mulai kita lakukan? Ayo kita menjadi anak yang merdeka tapi bertanggung jawab!

Arivika Akanda
Guru BK SDK Penabur Gading Serpong