Tanggung jawab…duuuhhh….Kayaknya kata yang selalu nggak mau kita dengar ya?! Tapi, kalau dipikir-pikir lagi kenapa kita nggak mau mendengar kata tanggung jawab?? Mungkin karena rasanya ada beban ketika kita mendengar kata itu. Bener banget, menurut Kamus Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Jika ditanya sejak kapan tanggung jawab itu ada, jawabannya adalah sejak kita dilahirkan, Karena tanggung jawab itu bersifat kodrati artinya sudah menjadi bagian hidup manusia.

     Karena tanggung jawab itu adalah bagian dari diri kita maka kita perlu menjadi manusia yang bertanggung jawab. Manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang siap menerima suatu kewajiban dan berani menerima risiko dari hasil tugas dan kewajiban yang kita jalani.

1. Siap menerima kewajiban. Sebagai seorang anak kewajiban kita terhadap orang tua tidak bisa kita hindarkan. Kita harus menghormati dan menghargai orang tua melalui sikap dan perilaku kita. Sebagai siswa kita mempunyai kewajiban untuk belajar dan berperilaku sesuai dengan peraturan sekolah. Memang rasanya capek, karena setiap hari kita bukan saja belajar di sekolah tapi kita pun harus belajar di rumah. Jadi, kalau kita sudah siap menerima kewajiban itu maka dengan sangat enteng kita menjalaninya.

2. Berani menerima risiko. Berani menerima risiko adalah berani menerima reaksi timbal balik dari hasil perbuatan kita yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Reaksi yang muncul dari perbuatan kita bisa berupa hal yang menguntungkan atau tidak untuk kita.

     Semua tanggung jawab dimulai dari diri kita sendiri. Apabila kita sudah bisa bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri maka secara tidak langsung kita sudah bertanggung jawab terhadap keluarga, sekolah, dan masyarakat. Seseorang yang mau bertanggung jawab karena adanya kesadaran atau pengertian atas segala perbuatan dan akibat yang dilakukan oleh diri sendiri, hal itu pula yang dapat memperkuat rasa tanggung jawab, yaitu dengan cara kita menyadari konsekuensi yang kita terima dari perbuatan kita. Contohnya, tugas utama kita sebagai siswa adalah belajar. Hasil  dari belajar adalah nilai. Bila kita banyak belajar maka nilai kita pun akan maksimal demikian juga sebaliknya, bila kita kurang belajar maka hasil yang kita peroleh tidak maksimal. Dan itu harus kita sadari ketika kita memulai pembelajaran kita.

     Teens, untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab itu perlu latihan. Kita perlu melatih diri untuk focus terhadap perbuatan yang menjadi kewajiban kita. Semakin kita dewasa tuntutan tanggung jawab terhadap diri kita semakin tinggi. Oleh karena itu, kita perlu menyadarinya dari mulai sekarang dan dari diri kita sendiri untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab dalam kehidupan kita. Selamat melatih diri yaa…

Oleh: Rieke Ruth Anastasia

Guru BK SMPK 5

Sumber : Best Teens| No. 20 Th. IV Edisi April – Mei 2014