Jakarta – Sabtu 18 Februari 2017 SMAK 5 PENABUR Jakarta mengadakan kegiatan Parents Cell Group (PCG). PCG kali ini adalah kegiatan yang ketiga dalam satu tahun pelajaran. Kali ini kami memberi tema “Peran Orang Tua Dalam Karir Anak” dengan Pak Thomas Tomi Arifin sebagai pembicaranya. Pak Thomas Tomi Arifin yang akrabnya di panggil Pak Tomi adalah seorang pakar dalam bidang karir.

Dalam PCG yang kami selenggarakan, tiga puluh sembilan orang tua siswa menghadiri kegiatan ini. Kegiatan ini di mulai dari pukul 07.30 sampai 09.30 WIB. Kami membuka acara ini dengan berdoa bersama. Tidak lama berbasa basi kami menyerahkan waktu dan tempat kepada pembicara. Topik yang dibawakan oleh pembicara berkaitan dengan karir, tema ini membangkitkan semangat orang tua untuk memahami karir putra-putrinya lebih dalam lagi. Pembahasan di mulai dari memahami karakter dan personality anak, mengajak bicara empat dari hati ke hati keinginan dan bakat anak, dan sampai orang tua mengarahkan dan memberi gambaran tentang pilihan karir putra putrinya.  Kurang lebih selama 90 menit pandangan tentang mempersiapkan karir untuk orang tua di paparkan. Kemudian masuklah ke sesi tanya jawab yang dimana di isi oleh cerita-cerita pengalaman dari pembicara sendiri dan juga dari para orang tua yang hadir. Pembahasan mengenai pengalaman semakin menarik ketika beberapa orang tua ada yang menceritakan bahawa dirinya salah memilih jurusan, keterbatasan informasi, dan kebingungan orang tua dalam memahami potensi dan kinginan anak .

Tidak terasa karena pembahasan yang panjang acara PCG sudah sampai pukul 9.30 WIB, dan kamipun segera mengakhiri acara ini yang awalnya dengan doa dan kami tutup dengan doa juga. Setelah selesai orang tua tidak langsung pulang, tetapi masih antusias untuk berdiskusi dengan kami (Guru BK) dan pembicara berkaitan dengan karir. Setalah itu para orang tua satu demi satu meningalkan ruang kegiatan.

Penulis: Bapak Charisma Bayu (Guru BK SMAK 5 PENABUR Jakarta)