Jakarta – Bimbingan dan Konseling SDK 11 PENABUR Jakarta kembali mengadakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO) Level ke-2. KKO level ke-2 ini merupakan lanjutan dari KKO level 1 yang diadakan ditahun sebelumnya. Pertemuan pertama KKO level 2 dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 September 2018. Materi KKO disampaikan oleh Ibu Dra. Bernadette Rusmini (Guru BK SMAK 7 PENABUR Jakarta) yaitu membahas mengenai bagaimana “Mengisi Gudang Moral Anak”.

Moral merupakan aturan yang bersumber dari hati nurani untuk membimbing perilaku dan cara berpikir seseorang. Pada prinsipnya setiap manusia memiliki hati nurani yang digunakan sebagai alat untuk menimbang hal-hal yang berkaitan dengan baik dan buruk, benar dan salah. Ketika dalam hati nurani seseorang terisi dengan nilai-nilai yang positif, maka hati nurani akan menghasilkan kualitas moral yang cerdas untuk memutuskan apa yang baik dan buruk, mana yang benar dan salah, mana yang adil dan tidak adil. Karenanya, sangat penting bagi orang tua untuk memahami dan mulai mengisi gudang moral anak-anak sejak usia dini dengan nilai-nilai yang positif.

Dalam pertemuan KKO kali ini, dipaparkan juga mengenai peran orangtua dalam pembentukan karakter anak. Selain itu, orangtua juga diingatkan untuk menjadi teladan yang baik bagi anak-anak, karena pada umumnya anak-anak cenderung memodeling bahkan melakukan kebiasaan-kebiasaan sikap dan perilaku yang dilakukan oleh orangtuanya.

Keaktifan dan antuasisme peserta KKO kali ini seolah menunjukkan bahwa kuantitas peserta tidak mengurangi kualitas dan esensi dari materi yang disampaikan. Pembicara mampu memfasilitasi dan membangun suasana yang interaktif dengan memberikan contoh-contoh kasus dan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk aktif bertanya, saling berdiskusi, dan berbagi pengalaman.

Lalu bagaimana dengan karakter? Apakah moral berkaitan dengan karakter? Untuk mengetahui lebih lanjut, kami mengajak Bapak/Ibu para orangtua untuk bersama-sama berkomitmen dan ikut berpartisipasi dalam pertemuan KKO selanjutnya yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2018 dengan topik “Membentuk Karakter Anak”. Kiranya Tuhan senantiasa menolong kita agar dapat melakukan peran sebagai kita orang tua dan pendidik dalam mengisi gudang moral anak dengan nilai-nilai positif, serta membentuk karakter anak sesuai dengan cara Allah.

 

Penulis : Prananingrum Chrismawarni (Guru BK SDK 11 PENABUR Jakarta)