dokumentasi pribadi

Jakarta – Pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2018 merupakan hari spesial yang dipilih sebagai hari perayaan Natal untuk siswa Terapi Edukatif (TE). Natal ini dihadiri oleh psikolog dan seluruh terapis, siswa terapi edukatif, orangtua siswa, Kepala Bagian Layanan Pendukung Pendidikan,  serta Kasi BK & Psikoedukatif.

Perayaan natal ini melibatkan siswa TE selama acara berlangsung. Ibu Ika Agustina (terapis) berkolaborasi  dengan satu siswa TE untuk membawakan acara dan terdapat 6 siswa yang mempersembahkan pujian “Yesus menginginkan daku” dan “TAAT”. Cerita Natal bertemakan “ketaatan” disampaikan oleh Ibu Lieke Handoko (terapis) dengan mengusung konsep drama yang diperankan secara langsung oleh terapis dan menyajikan video kelahiran Yesus yang disandiwarakan oleh siswa-siswa TE. Ibu Lieke memberikan pemahaman kepada siswa mengenai ketaatan melalui kedua drama yang ditampilkan tersebut. Setelah Ibu Lieke selesai memberikan cerita natal, panitia memutarkan satu video yang menampilkan seluruh siswa TE mengucapkan kalimat “AKU MAU JADI ANAK TAAT”. Saat video terakhir ditayangkan, anak-anak  sangat antusias karena melihat wajah mereka ada di dalam video tersebut, demikian juga dengan orangtua yang bersemangat mendokumentasikan anak-anak mereka di sepanjang acara.

Acara dilanjutkan dengan penyalaan lilin Natal dimana satu per satu anak diberikan lilin elektrik dan dinyalakan bersama-sama dengan diiringi nyanyian “Malam Kudus”. Setelah itu, siswa TE melakukan aktivitas dengan menghias pohon Natal kertas. Aktivitas natal ini dilakukan secara berkelompok didampingi oleh para terapis.

kegiatan seru menghias pohon natal kertas / dokumentasi pribadi

kegiatan seru menghias pohon natal kertas / dokumentasi pribadi

kegiatan seru menghias pohon natal kertas / dokumentasi pribadi

Perayaan Natal ini diakhiri dengan menyanyikan lagu “Selamat Hari Natal” sambil bersalam-salaman. Sebelum pulang masing-masing anak dibagikan bingkisan Natal. Selamat Natal! Tuhan Memberkati!

Penulis: Ika Agustina (Terapis Terapi Edukatif BPK PENABUR Jakarta)