1.1 Pengertian
Pelayanan dasar merupakan proses pemberian bantuan kepada seluruh peserta didik melalui penyiapan pengalaman terstruktur secara klasikal/kelompok yang disajikan secara sistematis/terjadwal dalam rangka mengembangan perilaku jangka panjang sesuai dengan tahap dan tugas-tugas perkembangan (yang dituangkan sebagai standar kompetensi kemandirian) yang diperlukan dalam pengembangan kemampuan memilih dan mengambil keputusan dalam menjalani kehidupannya.
1.2 Tujuan
Secara khusus pelayanan dasar bertujuan membantu peserta didik agar:
- memiliki kesadaran (pemahaman) tentang diri dan lingkungannya (pendidikan, pekerjaan, sosial budaya dan agama)
- mampu mengembangkan ketrampilan untuk mengidentifikasi tanggung jawab atau seperangkat tingkah laku yang layak bagi penyesuaian diri dengan lingkungannya
- mampu menangani atau memenuhi kebutuhan dan masalahnya
- mampu mengembangkan dirinya dalam rangka mencapai tujuan hidupnya.
1.3 Fokus Pengembangan
Fokus perilaku yang dikembangkan dalam komponen pelayanan dasar menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar, dan karier. Materi Pelayanan Dasar dirancang berdasarkan Standar Kompetensi Kemandirian, diantaranya mencakup pengembangan:
- self-esteem
- motivasi berprestasi
- keterampilan mengambil keputusan
- keterampilan memecahkan masalah
- keterampilan hubungan antar pribadi/berkomunikasi
- penyadaran keragaman budaya
- perilaku bertanggung jawab
1.4 Strategi Pelaksanaan Pelayanan Dasar
Ada lima strategi pelaksanaan pelayanan dasar. Baca selanjutnya..
Sumber : Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal
Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta: