1.1 Pengertian

Pelayanan dasar merupakan proses pemberian bantuan kepada seluruh peserta didik melalui penyiapan pengalaman terstruktur secara klasikal/kelompok yang disajikan secara sistematis/terjadwal dalam rangka mengembangan perilaku jangka panjang sesuai dengan tahap dan tugas-tugas perkembangan (yang dituangkan sebagai standar kompetensi kemandirian) yang diperlukan dalam pengembangan kemampuan memilih dan mengambil keputusan dalam menjalani kehidupannya.

1.2 Tujuan

Secara khusus pelayanan dasar bertujuan membantu peserta didik agar:

  1. memiliki kesadaran (pemahaman) tentang diri dan lingkungannya (pendidikan, pekerjaan, sosial budaya dan agama)
  2. mampu mengembangkan ketrampilan untuk mengidentifikasi tanggung jawab atau seperangkat tingkah laku yang layak bagi penyesuaian diri dengan lingkungannya
  3. mampu menangani atau memenuhi kebutuhan dan masalahnya
  4. mampu mengembangkan dirinya dalam rangka mencapai tujuan hidupnya.
1.3 Fokus Pengembangan

Fokus perilaku yang dikembangkan dalam komponen pelayanan dasar menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar, dan karier. Materi Pelayanan Dasar dirancang berdasarkan Standar Kompetensi Kemandirian, diantaranya mencakup pengembangan:

  1. self-esteem
  2. motivasi berprestasi
  3. keterampilan mengambil keputusan
  4. keterampilan memecahkan masalah
  5. keterampilan hubungan antar pribadi/berkomunikasi
  6. penyadaran keragaman budaya
  7. perilaku bertanggung jawab
1.4 Strategi Pelaksanaan Pelayanan Dasar

Ada lima strategi pelaksanaan pelayanan dasar

  1. Bimbingan klasikal. Melalui bimbingan klasikal, guru pembimbing melakukan kontak langsung dengan peserta didik di kelas secara terjadwal. Bentuk kegiatan dapat berupa diskusi kelas, brain storming (curah pendapat). Modul BK juga diperlukan sebagai materi pelayanan.
  2. Pelayanan orientasi, merupakan suatu kegiatan yang memungkinkan peserta didik dapat memahami dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, terutama sekolah/madrasah. Pelayanan orientasi dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru, dengan materi layanan mencakup: organisasi sekolah/madrasah, kurikulum, personil pendidik, kegiatan ekskul, sarana dan prasarana, dan tata tertib sekolah.
  3. Pelayanan informasi, merupakan sarana pemberian informasi tentang berbagai hal yang dipandang bermanfaat bagi peserta didik melalui komunikasi langsung atau tidak langsung (media cetak/elektronik).
  4. Bimbingan kelompok, merupakan pelayanan kepada peserta didik dalam kelompok kecil (5 s.d. 10 orang) untuk merespon kebutuhan dan minat mereka. Topik  yang dibahas adalah masalah umum dan tidak rahasia, seperti cara belajar yang efektif, kiat menghadapai ujian atau mengelola stres
  5. Aplikasi Instrumentasi, merupakan kegiatan untuk mengumpulkan data/informasi tentang pribadi peserta didik dan lingkungannya, Melalui kegiatan ini dapat ditemukan need assessment (penilaian kebutuhan) peserta didik dan lingkungannya, serta dapat diperoleh hasil analisa perkembangan peserta didik. Aplikasi Instrumentasi dapat dilakukan dengan instrumen Tes (dilakukan oleh Psikolog) dan Non Tes (dilakukan oleh guru pembimbing).

 

 

Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta: