Seminar Parenting dengan Kurikulum Spesial
KKO di SDK 11

Tanya Jawab dalam KKO di SDK 11

Sebagai orangtua, kita bertugas membantu anak dalam hal perkembangan kepribadian dan pembentukan karakter. Selain itu, orangtua juga mendampingi dan mengarahkan anak-anak untuk menggapai cita-citanya. Misalnya, mengarahkannya untuk sekolah kedokteran jika sang anak ingin menjadi dokter, atau memberinya semangat mengambil jurusan desain jika memang ia ingin menjadi desainer. Terkini, ada ratusan jurusan sekolah yang dapat dipilih. Namun, tidak ada yang namanya sekolah dengan jurusan untuk menjadi orangtua. Padahal, menjadi orangtua sering mengalami berbagai dilema dalam proses mendampingi dan mengarahkan anak.

Seringkali, tak hanya perbedaan generasi dan cara berkomunikasi yang menjadi sumber dilema bagi para orangtua. Mengajarkan hal mendasar seperti mengucapkan maaf dan terimakasih tak selalu mudah. Belum lagi perbedaan karakter antara kakak dan adik membuat orangtua harus menjalankan trik yang berbeda untuk mendidik anak-anaknya secara bersamaan.

Memahami pentingnya rujukan dalam hal menjadi orangtua, BPK PENABUR Jakarta telah menjalankan program seminar parenting dengan kurikulum spesial. Jika seminar parenting pada umumnya mengangkat topik sedang trend dalam sekali pertemuan, Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO), seminar parenting BPK PENABUR Jakarta, melebihi dari sekedar mengupas topik yang sedang trend. KKO diadaptasi dari buku Growing Kids God’s Way (untuk jenjang SD) dan Let The Children Come (untuk jenjang SMP) karya Gary dan Anne Marie Ezzo yang dirangkai menjadi kurikulum spesial untuk seminar parenting.

Kegiatan KKO diadakan dalam empat kali pertemuan setiap Tahun Pelajaran. Tak hanya dalam bentuk seminar satu arah, dalam kegiatan ini setiap orangtua juga berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan berdiskusi dengan para orangtua lainnya. Pembicara juga akan memberikan Project (Pekerjaan Rumah) untuk dilaksanakan dirumah oleh para orangtua dan kemudian  membagikan hasilnya di pertemuan berikutnya.

Diskusi kelompok dalam KKO di SDK 8

Rangkaian topik KKO dalam empat kali pertemuan di jenjang SD sebagai berikut:

Topik besar: Membesarkan Anak dengan Cara Allah

Topik tiap pertemuan pada Level 1:

  1. Anak Penakut, Penurut, atau Pemberontak?
  2. Right Beginning
  3. Ayah Mendidik
  4. Bahasa Kasih

Topik tiap pertemuan pada Level 2:

  1. Mengisi Gudang Moral Anak
  2. Pembentukan Karakter Anak
  3. Ketaatan, Sebuah Belenggukah?
  4. Disiplin dengan Dorongan Semangat
Rangkaian topik KKO dalam empat kali pertemuan di jenjang SMP sebagai berikut:

Topik besar: Let The Children Come

  1. Memenangkan Hati Anak
  2. Remajaku Tangguh Menghadapi Pengaruh
  3. The Art of Discipline
  4. Talking About Love with Teens

Dengan sukacita mengundang para orangtua siswa SD dan SMP BPK PENABUR Jakarta untuk memanfaatkan kesempatan yang berharga ini. Segera hubungi guru BK untuk mendapatkan jadwal kegiatan KKO TP 2019/2020! Tuhan Memberkati!

Penulis: Sonia Here (Staf BK & Psikoedukatif)

Baca Berita Kegiatan KKO:

Ikuti akun instagram kami untuk menemukan info-info terbaru! klik disini