Sobat muda, apakah kalian tahu mengapa kita diciptakan berbeda satu dengan yang lain? Seperti yang kita tahu bahwa Tuhan menciptakan  perempuan dan  laki-laki, Tuhan menciptakan berbagai macam bangsa dan negara sehingga terbentuklah beraneka ragam budaya bangsa dan juga agama yang berbeda satu dengan yang lainnya. Coba kita perhatikan, berapa banyak orang-orang di sekitar kita yang berasal dari daerah atau negara yang tidak sama dengan daerah tempat kita berasal?

Tentunya kita mengharapkan bahwa pertemanan kita akan dapat terus berjalan dengan baik. Perlu kita ingat juga bahwa memiliki hubungan baik tidak hanya berlaku untuk teman atau orang yang kita kenal saja, namun juga berlaku untuk orang-orang ada di sekitar kita.  Untuk memiliki sebuah pertemanan ataupun hubungan yang baik dengan orang lain, maka sikap saling menghargai dan menyayangi satu sama lain sangatlah penting. Saling menghargai di sini berarti kita dapat berteman dengan siapapun tanpa membeda-bedakan.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk belajar menghargai orang lain baik di sekolah, rumah ataupun lingkungan di sekitar kita, diantaranya:

  1. Memperlakukan orang lain dengan baik, seperti kita pun ingin diperlakukan dengan baik oleh orang-orang di sekitar kita. Jika kita selalu memperlakukan orang lain dengan buruk, maka kita pun tidak dapat mengharapkan bahwa orang tersebut akan memperlakukan kita dengan baik. Sehingga alangkah baiknya, jika kita merasa ada teman kita yang menyakiti hati kita, maka kita pun harus belajar untuk berpikir terlebih dahulu apakah perbuatan saya selama ini terhadap teman saya tersebut sudah baik atau belum.
  2. Mematuhi dan melaksanakan semua aturan dimana pun kita berada. Contohnya datang tepat waktu ke sekolah, mengucapkan sapaan ketika bertemu dengan orang yang kita kenal seperti hello, hi, apa kabar.
  3. Meminta izin terlebih dahulu jika ingin meminjam barang dari teman. Jika teman tidak mau meminjamkan barangnya, maka kita pun tidak boleh marah dan memaksakan kehendak kita.
  4. Mengucapkan selamat hari raya bagi teman yang merayakannya.
  5. Memberanikan diri untuk berkenalan dengan teman baru sambil mencoba memahaminya. Hal tersebut akan lebih baik dilakukan daripada kita hanya menilai orang tersebut berdasarkan penampilan atau karena berbeda dengan kita. Berbeda di sini dapat berarti berbeda suku, agama, ras, dan budaya, dan lain-lain.
  6. Belajar untuk mengenal bangsa dan kebudayaan daerah lain. Ini akan menjadikan kita kaya akan ilmu pengetahuan juga dapat membantu kita untuk  berteman dengan orang lain.

Mungkin saat ini ada beberapa dari kalian yang masih bingung dan belum merasakan manfaat dari perbuatan saling menghargai satu sama lain. Namun percayalah, bahwa segala perbuatan baik yang kamu lakukan sekarang pasti akan menghasilkan buah yang baik pula.

Ratna Veronica
Guru BK SDK PENABUR International