Apakah anak anda mudah menemukan keseimbangan saat belajar mengendarai sepeda roda dua? Bertanya tentang segala sesuatu? Anak anda senang membaca novel, menimbulkan kebisingan dengan gitarnya, berada di lapangan basket atau futsal setiap di sore, atau kamar yang dipenuhi kertas-kertas hasil karyanya. Banyak aktivitas yang membuat anda repot dengan kebersihan, kebisingan dan kerapihan. Itu tidak sebanding dengan bakat yang teraktualisasi saat mereka dewasa nanti.

Anak dengan kemampuan motorik yang sangat baik, berbakat dalam hal-hal yang berkaitan dengan pengendalian tubuh, refleks, prediksi spasial dan keseimbangan. Anak yang memiliki imajinasi yang besar berkaitan dengan seni melukis, sastra dan musik. Anak yang suka mengutak-ngatik, dekat dengan detail dan mekanik sederhana. Anak yang senang membaca atau cepat menguasai bahasa asing, memiliki kemampuan berpikir abstrak dan berbakat di bidang linguistik.

Lengkapi pendidikan anak dengan bacaan, musik, olah raga atau beragam mainan yang mendidik. Berikan mainan yang konstruktif, produktif, melatih ketangkasan, kepekaan, problem solving atau strategi serta melatih daya ingat. Hindari mainan yang identik dengan kekerasan. Dengan beragam aktivitas, mereka bisa menentukan minatnya namun tetap disertai pengertian. Jangan dilarang jika akhirnya minat dan bakat mereka berbeda dari harapan anda. Biarkan anak pada saatnya matang dalam mengambil keputusan sesuai minat dan bakatnya. Anak yang memang berbakat akan mampu memotivasi diri dan hanya butuh sedikit bantuan dari orang dewasa.

Tayangan edukatif sangat menolong. Acara tentang pengetahuan umum akan membuat anak mengerti tentang alam, industri dan peradaban. Tontonan interaktif mengajak anak untuk beraktivitas dan melatih pengamatan dan kemampuan detail, seperti halnya menggambar atau membuat keterampilan yang menstimulasi anak untuk berpikir kreatif. Tayangan yang eksploratif melatih pemecahan masalah dan menstimulasi otak anak untuk berpikir kreatif, kritis dan analitis. Tayangan arsitektur dapat melatih anak berpikir logis, konstruktif dan kreatif. Bahkan tontonan tentang otomotif pun dapat merangsang minat anak menekuni dunia teknik.

Anak yang sering berdiam diri bisa jadi memiliki kemampuan berpikir abstrak dan imajinasi yang besar. Bila diarahkan, anak bisa menghasilkan karya tulis dan seni yang luar biasa. Anak pendiam setidaknya punya satu hal di mana dia menyibukkan diri. Selama itu positif, gunakan itu untuk menemukan bakat dan mengajak dia berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama agar belajar bersosialisasi.

Bagi orang tua yang sedang mencari bakat anaknya melalui les-les jangan dulu berharap pada prestasi. Cari guru les yang mengerti perkembangan anak dan mengarahkan bakat, jadi bukan sekedar mengajarkan atau menghukum anak jika tidak menunjukkan peningkatan.

Tunjukkan anda bangga dengan apa yang dilakukan anak meski biasa saja. Anak akan merasa sangat dihargai. Jangan bandingkan anak anda dengan orang lain. Itu akan menurunkan harga diri, percaya diri dan motivasi. Anak merasa tidak diterima apa adanya. Dengan kata lain dampak negatifnya jauh lebih besar dari pada dampak positif yang diharapkan.

Tes psikologi (tes bakat) akan mengungkap kelebihan dan kekurangan anak sehingga ditemukan bakat anak. Meski cukup akurat, hasil tes psikologi bukanlah hasil mutlak. Tes psikologi hanya memberikan gambaran tentang anak agar kita dapat menuntun langkah-langkah yang akan diterapkan kepada anak.

Untitled

Natanael Dwi Sulistianto

Guru BK SMPK HI