Definisi liburan identik dengan tidak sekolah dan jalan-jalan. Pola pikir sederhana ini paling sering hinggap di kepala anak. Jadinya tak heran bila buah hati secara tak langsung berharap orangtua untuk mengajaknya liburan ke tempat-tempat yang paling berkesan.

Sebagai orangtua, tentu sulit mengelak permintaan anak. Nah, di sini kita perlu memutar otak bagaimana mengisi liburan kreatif dan edukatif, serta menyenangkan semua anggota keluarga.

Liburan kreatif dan edukatif? Ya, itulah dua hal yang mesti ditekankan. Terlebih, mengasah kreativitas dan mendidik anak tak hanya dilakukan di sekolah saja, tapi juga di mana saja dan kapan saja. Termasuk di kala liburan.

Ada banyak tempat liburan yang mendidik dan menyenangkan. Dengan mengajak anak mengisi liburan dengan aktivitas yang menyenangkan, orang tua pun telah memberikan kegiatan yang bermanfaat dan menambah kedekatan hubungan antar anggota keluarga.

Apa saja yang dapat kita lakukan selama liburan?

  1. Kunjungi Tempat-Tempat Menarik di Kota Anda. Tidak harus pergi ke tempat-tempat yang jauh di luar kota. Kadang-kadang, kita sering kali tidak menyadari ada banyak tempat-tempat di dalam kota yang menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak selama liburan. Selain tiket masuk yang tidak terlalu mahal, juga dapat menambah pengetahuan anak. Atau misalnya saja ketika anak lebih memilih mal ketimbang melakukan kegiatan-kegiatan kreatif lainnya, maka carilah mal yang memiliki fasilitas menarik dan bermanfaat untuk anak.
  2. Liburan di Rumah. Berlibur di rumah pun bisa mengasyikkan. Ajak anak-anak melakukan aktivitas baru yang belum pernah mereka lakukan, gali rasa ingin tahu mereka. Rangsanglah mereka untuk kreatif. Misalnya saja, kita bisa memberikan buku bacaan yang menarik, lalu bimbing mereka untuk menceritakannya kembali. Jika perlu, berikan suasana dan perlengkapan yang mendukung cerita tsb. Membuat karya seni bersama atau melukis juga bisa menjadi alternatif kegiatan kreatif yang menyenangkan.
  3. Mengikuti Paket Kegiatan Program Liburan untuk Anak. Ketika liburan sekolah seringkali terdapat berbagai tawaran paket-paket kegiatan yang menarik untuk anak. Namun, biasanya kegiatan semacam ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Misalnya, program outbound untuk anak, berkemah di alam terbuka, belajar memasak bersama koki ternama, ataupun belajar menunggang kuda. Mengikuti kegiatan kreatif semacam ini, selain merupakan alternatif kegiatan baru untuk anak, juga dapat menambah wawasan serta pergaulan anak karena mereka akan bertemu banyak teman-teman baru di luar lingkungan rumah dan sekolah. Selalu luangkan waktu bersama untuk menemani anak-anak berlibur. Jangan berhenti untuk menemukan inovasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan yang bisa membuat anak kreatif selama liburan.

Beberapa contoh alternatif tempat liburan edukatif di Jakarta yang bisa kalian kunjungi, antaral lain pelabuhan sunda kelapa, museum bahari, Monas, TMII, Tugu Selamat Datang, Taman Ismail Marzuki dan lain-lain. Nah, itulah beberapa tempat alternatif yang dapat kita kunjungi sebagai tempat menambah wawasan dan berlibur edukatif untuk anak-anak kita. Selamat berliburrrr!!

 

Kristine & Agustinus Tri Budi

Guru BK SDK 6 PENABUR Jakarta