Hai Sobat!!! Asyik nih yang libur.. Bagaimana kalian mengisi liburan kali ini?

Liburan memang diperlukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran kita setelah sekian lama menjalani kegiatan rutin di sekolah. Sehingga sekarang saatnya kita bersenang-senang.

Tapi, tunggu dulu! Seperti apa sebenarnya liburan yang menyenangkan itu? Apakah cukup dengan  jalan-jalan, nonton dan berbelanja? Kalian punya banyak waktu selama liburan untuk mengerjakan banyak hal yang positif. Kalau setiap hari jalan-jalan dan menghabiskan uang dengan sia-sia apa yang terjadi?

holiday 3

Jadi, mari sobat BEST isi liburan dengan hal yang positif dan berguna. Kalian dapat menghasilkan banyak pengalaman dan mendapat penghargaan.

Lalu seperti apakah liburan yang positif itu? Check it out!

Wisata Alam, Budaya dan Sejarah. Indonesia kaya akan budaya dan tempat-tempat bersejarah dengan pemandangan alam yang indah. Di sana juga banyak kegiatan seru dan bermanfaat seperti memancing, water sport, melukis, mengukir, dll. Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pergi ke luar negeri. Ayo mulai searching tempat-tempat wisata seperti ini. Sobat BEST bisa dapat ilmu sambil menikmati keindahan alam Indonesia.

Menyalurkan Hobi. Dengan adanya liburan sekolah, pasti banyak waktu luang yang dapat digunakan untuk menyalurkan hobi, misalnya membaca, fotografi, musik, olahraga, bersepeda, berkebun atau beternak. Buat yang suka menulis, tidak ada salahnya untuk menuangkan ide dalam tulisan, membuat lirik lagu, cerpen dan pengalaman-pengalaman yang lain. Bahkan kalian bisa mencoba mengirimkan hasil karya tersebut ke redaksi majalah anak. Dari situ sobat BEST bisa mendapatkan hadiah yang menguntungkan loh. Dari hobi kalian buatlah karya!

Mengikuti Kursus. Untuk mengisi liburan sobat BEST bisa mengikuti kursus sesuai bidang yang kita sukai untuk mengembangkan kemampuan diri, misalnya kursus komputer, Bahasa Inggris, atau kursus memasak bersama orangtua, dan lain-lain.

Berkunjung ke tempat saudara. Tidak ada salahnya sobat BEST berkunjung ke rumah saudara dan menginap selama satu atau dua hari untuk mempererat hubungan yang sempat terputus karena kesibukan masing-masing.

Beramal. Sobat BEST, banyak loh kegiatan amal sederhana di luar sana yang bisa kalian lakukan. Ajaklah orang tua untuk berkunjung ke panti asuhan atau yang paling sederhana kita bisa membagikan makanan ke orang-orang yang membutuhkan di sekitar lingkungan rumah sobat BEST.

Membantu Orangtua. Nah… yang satu ini wajib kalian lakukan selama liburan. Kalian bisa membantu merapikan kamar, menyapu, mencuci, dll. Membantu orangtua menunjukkan bentuk kasih sayang sobat BEST kepada mereka.

Sobat BEST, apapun bentuk kegiatan yang sobat BEST lakukan, habiskanlah banyak waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Semoga sobat BEST memilih kegiatan yang mendidik, menyenangkan dan berkesan, sehingga akan kembali segar saat memulai aktivitas belajar pada tahun pelajaran baru nanti. Last…semoga berguna dan Happy Holiday!!

Irene Eka Sri Saraswati

Guru BK SDK 11 PENABUR Jakarta