Jakarta – Rabu, 14 September 2016 Sie BK & Psikoedukatif BPK PENABUR Jakarta mengadakan Pelatihan Teknik Konseling untuk Guru BK Jenjang SLTA dengan tema “Konseling Siswa Bermasalah dalam Keluarga”. Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan konseling Guru BK Jenjang SLTA, khususnya menggunakan teknik Cognitive Behavior Therapy untuk kasus-kasus tertentu yang disebabkan oleh pola pikir yang keliru. Pelatihan yang diikuti oleh 19 guru BK jenjang SLTA ini diadakan di Sekretariat Tanjung Duren. Pembicara dalam pelatihan ini adalah Ibu Henny Wirawan, Psikolog.

IMG_1562

Penyampaian Materi oleh Ibu Henny Wirawan

Pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan pembukaan oleh Ibu Etiwati selaku Kepala Divisi Pendidikan. Kemudian dilanjutkan dengan Aktivitas “Gambaran Diri” serta penyampaian materi. Ibu Henny menggunakan matode ceramah dan diskusi kelompok dalam menyampaikan materi. Setiap peserta pelatihan berkelompok untuk menganalisa kasus serta menyusun rancangan konseling dengan teknik Cognitive Behavior Therapy. Hasil diskusi kemudian dipresentasikan serta dibahas bersama-sama.

IMG_1602

Presentasi Hasil Diskusi Kelompok

Pelatihan ditutup sekitar pukul 15.20 oleh Ibu Lisa selaku Kasie BK & Psikoedukatif. Melalui kegiatan ini, diharapkan guru BK dapat samakin terampil dalam mendampingi serta menjadi teman curhat peserta didik. (SH)