Kota Wisata – Pada hari Sabtu, 26 November 2016 yang lalu, SDK PENABUR Kota Wisata mengadakan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) Level 2 Pertemuan I. Materi pertemuan hari ini adalah “Mengisi Gudang Moral Anak” yang dibawakan oleh Bapak Ridwan Selamihardja. KKO ini dilaksanakan mulai pukul 8.00 pagi hingga pukul 10.30 pagi dan dihadiri oleh orang tua peserta didik yang berjumlah 25 orang dari kelas 2 dan kelas 3. Metode yang digunakan dalam Pertemuan kali ini adalah sharing dan diskusi pengalaman orang tua peserta didik dalam mengasuh anak.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa anak merupakan titipan yang Tuhan percayakan pada kita untuk dipelihara secara fisik, dididik/dilatih kejiwaan dan rohaninya sampai ia dewasa. Ada 4 target kedewasaan anak yang hendak dicapai, yaitu fisik, inteligensi, mental dan rohani. Untuk mencapai target yang positif, yang harus diprioritaskan adalah pembentukan karakter yang bermoral.

Bapak Ridwan mengatakan bahwa proses pembentukan karakter anak diawali dengan menentukan pilihan dalam mengambil suatu tindakan. Pilihan yang diambil ini jika diulang-ulang akan menjadi kebiasaan. Kemudian, jika kebiasaan diteruskan dan diulang-ulang, akan menjadi sifat. Oleh karena itu, jika sifat masih diteruskan maka akan menjadi kejiwaan (karakter).

Picture3 Picture2 Picture1

Sumber: Ibu Gita Gafiratri (Guru BK SDK Kota Wisata)