Depok – Sabtu, 21 Januari 2017 di SDK PENABUR Depok diselenggarakan pertemuan KKO Level 1 Topik 3 “Bahasa Kasih”. Topik KKO kali ini dibawakan oleh Ibu Bernadette Rusmini, Guru BK SMAK 5 PENABUR Jakarta. Di awal pertemuan, bapak dan ibu orang tua siswa kelas I-III peserta KKO, diajak untuk mengerjakan “Tes Bahasa Kasih”. Tes ini untuk mengevaluasi kecenderungan bahasa kasih yang sering digunakan dari diri sendiri. Tes ini juga mengevaluasi bagaimana kecenderungan seseorang dalam mengungkapkan kasih dan kecenderungan harapannya dalam menerima kasih dari orang lain.

Dalam materi KKO kali ini, Ibu Bernadette memaparkan pentingnya mengkomunikasikan kasih secara tepat kepada pasangan (suami/istri) dan kepada anak, serta orang-orang yang ada di sekitar kita. Ibu Bernadette memamparkan hakekat saling mengasihi, ciri bahasa kasih dan 5 bahasa kasih primer. Setiap individu memiliki keunikan, kekhasan dalam mengungkapkan kasih dan menerima kasih. Oleh karena itu supaya kasih kita dapat tersampaikan dengan tepat, maka perlu mengenali bahasa kasih diri sendiri dan orang lain.

Melalui banyak contoh-contoh konkrit baik itu dalam bentuk pengalaman pribadi dan kasus-kasus, materi bahasa kasih disampaikan secara gamblang oleh Ibu Bernadette. Semoga apa yang diperoleh bapak dan ibu orang tua siswa dalam pertemuan KKO ini menjadi inspirasi dalam mengkomunikasikan kasih dalam keluarga dan di lingkungan sekitar. Yuk kita belajar mengenali bahasa kasih orang-orang yang ada di sekitar kita ! Selamat dan semangat dalam mendidik anak! Tuhan Yesus Memberkati.

Penulis: Bapak Galih Laksita (Guru BK SDK PENABUR Depok)