Jakarta – Motivation Training Siswa SMPK 7 PENABUR Jakarta Kelas 9, yang dilaksanakan hari Sabtu, 21 Januari 2017 lalu dan terlaksana dengan tertib, lancar dan antusias. Kegiatan ini diadakan untuk memotivasi siswa – siswi kelas 9 yang menghadapi Try Out, Ulangan Harian, Ujian Praktek, PTS (Penilaian Tengah Semester), PAS (Penilaian Akhir Semester), dan  UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Dalam hidup ini, orang lain boleh menggangap diri kita  remeh, tapi  jauh lebih penting jangan  meremehkan diri sendiri. Diri sendiri harus mempunyai keyakinan kuat untuk kesuksesan, jika tidak, bagaimana kita bisa mencapainya? Nelson Mandela mengatakan: Saya telah menemukan rahasia besar setelah mendaki bukit yang besar, yaitu saya hanya telah menemukan bukit, tapi masih banyak bukit yang lain. Maknanya adalah  bahwa selalu ada jalan untuk melakukan yang lebih baik. Rahasia besar dalam diri  merupakan bukit yang harus didaki dan masih banyak rahasia besar lain yang harus didaki.

Pernahkah mengangkat sebuah barbel dan terasa semakin berat, padahal barbelnya tetap sama beratnya? itu berarti kemampuan yang berkurang dan kurangnya melatih diri mengangkat barbel sehingga terasa semakin berat. Demikian juga dengan belajar, bila tidak dibiasakan dan dilatih atau ditumbuhkan dalam diri maka akan terasa berat. Tetapi bila belajar itu dilatih dan dilakukan hingga menjadi kebiasan, belajar akan terasa ringan.

Motivation Training diadakan dengan susunan acara sebagai berikut:

  •   07.30 – 07.45: Pembukaan
  •   07.45 – 09.00 : Open Your Mind
  •   09.00 – 09.15 : Break
  •   09.15 – 09.45 : Testimonial alumni
  •   09.45 – 11.00 : Championship
  •   11.00 – 11.10 : Closing

Tujuan diadakannya Motivaton Training adalah untuk memberikan semangat baru didalam diri setiap pesertanya hingga mampu setidaknya mendorong mereka mencapai tujuan hidup mereka masing-masing, dalam hal ini khususnya memotivasi siswa agar semangat dalam belajar.

Bapak Cahyo Purnomo

Bapak Thomas Kristo

Bapak Thomas Kristo bersama Joshua,Winson, dan Eunike

Motivation Training dibawakan oleh Team Toms Training Centre. Bapak Drs. Thomas Kristo, M.Pd (juga adalah Ka. SMAK PENABUR Kota Wisata) dan Bapak Cahyo Purnomo S.Pd (juga adalah Waka dan Guru BK SMPK PENABUR Kota Modern) adalah motivator yang sudah handal dibidangnya. Kegiatan ini juga menghadirkan tiga alumni berprestasi SMPK 7 PENABUR Jakarta (Joshua,Winson, dan Eunike)  untuk  turut memberikan testimoni dan  motivasi pada siswa siswi kelas 9 SMPK 7. Siswa – siswi peserta nampak banyak bertanya tentang sukses belajar pada ketiga alumni ini

Para motivator menyampaian materi dengan sepenuh hati dan semangat, sehingga siswa siswi antusias mengikuti kegiatan dan tersentuh hatinya. Mereka berkomitmen ingin melakukan perubahan dan mengatasi hambatan atau ketakutannya menghadapi UNBK. Team Tom’s Tarining Centre juga membantu menumbuhkan rasa percaya diri siswa siswi melalui aktifitas yang dilakukan bersama dalam kegiatan ini.

Penulis : Ibu Yuliana (Guru BK SMPK 7 PENABUR Jakarta)