Jakarta – Pelatihan Konseling untuk guru BK BPK PENABUR Jakarta jenjang SMP telah diadakan hari Senin lalu, 30 Januari 2017. Pelatihan ini berlangsung dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 15.15 WIB dan diikuti 41 guru BK jenjang SMP. Pembicara pada pelatihan ini adalah Ibu Henny Wirawan, psikolog, yang menyampaikan materi mengenai konseling dengan teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk siswa yang bermasalah dalam keluarga. Pelatihan ini adalah kelanjutuan dari pelatihan serupa sebelumnya yang diadakan untuk guru BK jenjang SLTA (link).

Pelatihan diawali dengan games pengenalan diri. Setiap peserta diminta untuk mengambil sebuah kartu yang dirasa paling menggambarkan dirinya, kemudian peserta saling sharing dalam kelompok-kelompok kecil. Games ini bertujuan agar para peserta lebih saling mengenal dan lebih dekat satu sama lain.

Penyampaian materi dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi kolompok (studi kasus). Perwakilian setiap kelompok lalu mempresentasikan kasusnya untuk kemudian dibahas bersama-sama. Melalui pelatihan ini diharapkan guru BK dapat membantu siswa-siswi yang memiliki perilaku negatif karena kesalahan pola pikir agar dapat mengubahnya menjadi perilaku positif.

Berikut sekilas dokumentasi kegiatan:

Peserta Pelatihan

Presentasi Hasil Diskusi Kelompok

Foto Bersama

(SH)