Bogor – Pada hari Sabtu, 4 Februari 2017 yang lalu, SDK PENABUR Kota Wisata mengadakan Kelompok Kepedulian Orang Tua (KKO) Level 2 Pertemuan 3. Materi pertemuan kali ini adalah “Ketaatan : Sebuah Belenggukah?” yang dibawakan oleh Bapak Anthonius Sapta (red.Pak Toni –  Guru BK SDK PENABUR 10 Jakarta). KKO dimulai pukul 8.00 pagi hingga pukul 10.30 WIB dan dihadiri oleh orang tua dari siswa kelas 2 dan 3 sebanyak 40 orang.

Pada materi kali ini, Pak Toni membukanya dengan menyebutkan dasar-dasar dari ketaatan yang sudah Tuhan ajarkan, seperti pada Keluaran 20 : 12 dll. Pak Toni juga mengajak para orang tua untuk menceritakan masa lalu mereka ketika mereka kecil dan saat mereka tidak taat pada orang tuanya. Hal tersebut membuat para orang tua menarik ingatan jauh ke belakang dan berusaha untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi pada masa kecil mereka. Berbagi cerita antar orang tua diselingi gelak tawa karena mengingat ketidak taatan yang pernah mereka lakukan dengan orang tua mereka masing-masing dan diakhiri dengan ajakkan Pak Toni untuk melihat apa saja yang menyebabkan anak-anak tidak taat pada orang tuanya.

Pada KKO kali ini disampaikan bahwa anak-anak bisa tidak taat dengan orang tua karena orang tua mengancam, menyogok, dan negosiasi. Orang tua yang sering kali mengancam, membuat anak-anak menjadi kesulitan dalam merespon perintah. Sedangkan orang tua yang seringkali menyogok anak-anaknya, membuat anak-anak menjadi tidak bermoral. Pada orang tua yang sering kali negosiasi di tengah konflik, membuat anak-anak menjadi meremehkan ketaatan itu sendiri.

Pak Toni menyimpulkan bahwa dari ketaatan yang dilakukan oleh anak-anak pada orang tua akan menghasilkan anak-anak dengan percaya diri yang baik, terjalinnya hubungan antara orang tua dan anak yang didasari dengan rasa percaya. Kemudian, KKO diakhiri dengan sebuah video pendek yang mengingatkan kepada para orang tua bagaimana membuat anak-anak taat pada orang tuanya dan bagaimana memperlakukan anak-anak agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Penulis: Ibu Nathania Giovanni K (Guru BK SDK PENABUR Kota Wisata)