Jakarta – Pada hari Sabtu, 8 April 2017, SMPK 6 PENABUR Jakarta kembali mengadakan KKO (Kelompok Kepedulian Orang tua). KKO pada kali ini merupakan kegiatan yang berbeda dari biasanya karena merupakan closing ceremony. Orang tua yang hadir diharapkan untuk mengajak anak karena akan berdiskusi dengan fasilitator, yaitu Bapak Darmawan (Guru BK SMPK PENABUR Gading Serpong). Tema yang diangkat adalah Talking about love with teens.

Diskusi diawali dengan pertanyaan Bapak Darmawan kepada para remaja (siswa/i yang hadir) apa arti cinta bagi mereka. Banyak remaja yang menjawab malu-malu karena ada orangtuanya yang ikut menantikan jawaban mereka. Singkatnya, banyak remaja yang menjawab bahwa cinta adalah love, kasih sayang kepada orang lain.

Pertanyaan yang sama pun diajukan pekada orang tua, apa arti cinta. Ternyata banyak orang tua yang juga malu dalam menjawab. Walaupun begitu, diskusi terus belanjut dengan membahas materi KKO ke 8 dari buku LCC.

Pada akhir kegiatan, orang tua dan remaja menandatangani sertifikat komitmen untuk menjaga kekudusan. Sertifikat ini ditujukan bagi anak untuk menjaga kekudusan jika nanti sudah mulai berkomitmen untuk berpacaran. Sertifikat ini juga mengingatkan orang tua untuk terus mendampingi remaja hingga pada akhirnya mereka siap melangkah ke jenjang pernikahan. Sebagai pengingatnya, orang tua memberikan hadiah kepada anak yang menjadi tanda bahwa mereka bersepakat untuk membangun hubungan yang baik dalam komitmen tersebut. Anak juga memberikan surat kepada orangtua yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dalam surat tersebut, anak bebas mengungkapkan apa isi hatinya kepada orang tua.

Closing ceremony ditutup dengan mengapresiasi peserta KKO yang paling rajin mengikuti KKO selama 8 pertemuan. Kemudian dilanjutkan dengan kata penutup dari Ibu Rita Wanti selaku kepala sekolah SMPK 6 dan doa makan. Karena KKO ke-8 ini merupakan puncak kegiatan sekaligus penutup, maka diadakan acara ramah tamah bersama sekaligus makan siang.

Penulis: Brigitta Tumilisar (Guru BK SMPK 6 PENABUR Jakarta)