Di suatu kolam yang kecil dan hanya ditumbuhi tumbuhan air, hiduplah seokar katak yang selalu hidup gembira dengan tempat hidupnya. Segala kebutuhannya semua tersedia disitu mulai dari makanan seperti serangga nyamuk, lalat, belalang kecil dan lain lainnya.

Sang katak selalu hidup senang dikolam itu, sehingga dia sangat suka dengan tempat tinggalnya tersebut. Berbeda dengan teman temannya yang selalu mengajak untuk berpindah ketempat lain.

“Aku tidak bisa pindah ketempat lain, disinilah surgaku, aku bisa makan apa saya yang aku mau, tidak perlu kemana mana, semuanya sudah tersedia disini.” Ujar sang katak kepada Seekor Kupu-Kupu yang sedang melintasi kolam.

Singkat cerita, suatu hari tiba tiba datang hujan sangat lebat dan menyebabkan banjir, akhirnya sang katak tersebut sampai terseret hingga kepinggir sebuah pantai.

Di pinggir pantai sang katak melihat penyu yang sedang ingin pergi berenang menuju lautan yang sangat luas.

Tiba-tiba sangat katak memanggil penyu tersebut dan berkata “Hai penyu, mau kemana kau? Apa kau tidak melihat disana? laut itu tidak ada apa-apanya dibandingkan kolamku yang penuh dengan makanan dan bisa memenuhi segala keinginanku. Kalau kau mau tinggal bersamaku ayo ikutlah aku!”

Kemudian si Penyu berbalik badan dan tersenyum sembari berkata “Kau baru pertama kali ini melihat laut ya? Taukah kau laut itu? Laut itu adalah sebuah kebebasan yang hakiki, kau tidak akan pernah bisa mencapai dasar laut, tapi kau bisa mencapai tempat-tempat yang jauh diseberang sana melalui laut.”

“Dengan laut kau bisa bebas berenang kemana saja dan kau bisa makan apa saja didalam laut tanpa takut akan kelaparan.” Sambung si Penyu sambil berlalu meninggalkan sang Katak yang sombong itu.

Mendengar penjelasan penyu laut, sang Katak hanya bisa diam ternganga. Mulutnya terbuka lebar dan matanya terbelak coba meresapi dan melihat keindahan lautan yang biru yang terhampar dihadapannya.

“Ternyata ada yang lebih indah dari kolam kecilku tersebut.” si Katak meringis.

Refleksi:

Janganlah kita menjadi sombong dengan apa yang kita punya dan kita juga harus siap mengarungi kehidupan ini yang penuh dengan tantangan dengan belajar giat, banyak-banyak berteman dan banyaklah mencari wawasan. Jangan seperti katak yang selalu dalam kolam kecilnya!

Sumber: http://www.kisahinspiratif.net/