Jakarta – Puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena anugerahNya sehingga seluruh rangkaian kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) tahun pelajaran 2016/2017 telah terlaksana dengan baik dan lancar. KKO topik ke delapan di SMPK 1 PENABUR Jakarta telah terlaksana dengan sangat meriah dan  khidmat. Topik “Talk About Love With Teens” menjadi topik yang hangat untuk didiskusikan bersama orang tua dan siswa.

Sabtu, 6 Mei 2017 menjadi momen yang sangat penting bagi orang tua dan anak peserta KKO. Orang tua dan anak berkesempatan berdiskusi dan menyatukan pendapat tentang pengertian pacaran, kapan waktu yang tepat untuk pacaran, serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan cinta remaja. Ibu Yuliana (guru BK SMPK 7 PENABUR Jakarta) sebagai narasumber mengawali kegiatan KKO dengan diskusi kelompok. Peserta KKO dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok orang tua dan kelompok siswa. Pertanyaan yang diberikan kepada masing-masing kelompok sama.  Setelah itu pembicara memandu tiap kelompok untuk presentasi dan menyimpulkan jawabannya.

Materi disampaikan secara jelas dan diakhiri dengan doa. Peserta KKO dipersilakan duduk bersama keluarga, orang tua akan mendoakan putra/putri mereka dan diakhiri dengan doa penutup oleh pembicara. Selanjutnya dilaksanakan sesi komitmen. Pada sessi ini setiap keluarga yang hadir di pandu guru BK SMPK 1 PENABUR (Ibu Yunianti) maju ke depan. Anak akan mengambil sekuntum bunga dan memberikan kepada orang tuanya disertai ungkapan terima kasih dan pelukan hangat. Orang tua akan mengambil PIN yang bertuliskan “Purity Commitment” serta memasangkannya pada baju anak disertai doa dan harapan bahwa putra /putri mereka akan menjaga kekudusan hidup sampai memasuki  pernikahan  nanti. Pada sesi ini suasana KKO menjadi khidmat dan penuh haru.

Tidak lupa ibu Yunianti memberi apresiasi bagi 4 keluarga yang datang lengkap (Ayah, Ibu, dan Anak) serta bagi peserta KKO yang datang 7 kali dan 8 kali pertemuan berturut-turut. Peserta KKO juga memberikan testimoni yang sangat positif terhadap kegiatan ini. Kegiatan KKO bagi orang tua sangat membantu mereka dalam memahami perkembangan remaja serta mendapat pengetahuan yang sangat banyak tentang bagaimana menghadapi masalah-masalah yang timbul pada masa remaja. Selain itu topik tentang pacaran juga jarang mereka diskusikan di rumah.

Melalui KKO orang tua dan anak yang datang bersama-sama dapat memiliki pengetahuan yang sama dan memudahkan orang tua untuk melakukan pendampingan saat putra putri mereka mulai tertarik kepada lawan jenis mereka. Semoga kegiatan KKO ini dapat terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang, mengingat pentingnya tiap topik untuk dibahas dan besarnya manfaat yang di dapat orang tua.

Penulis: Nopfiyati (Guru BK SMPK 1 PENABUR Jakarta)