Jakarta – SMPK 4 PENABUR Jakarta telah mengadakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) topik 8 pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 yang lalu. Topik yang diangkat dalam KKO terakhir tahun pelajaran 2016/2017 ini adalah “Talking about Love with Teens” yang membahas tentang bagaimana cara orang tua menyampaikan dasar-dasar pendidikan seksual dan perihal pacaran kepada anak.

Beberapa tahun belakangan banyak beredar kasus-kasus seksual di sosial media yang melibatkan anak usia SMP. Hal tersebut terjadi karena kurangnya informasi yang didapat oleh anak tentang pergaulan dengan lawan jenis. Orang tua merupakan sumber informasi yang paling utama bagi anak mengenai pendidikan seksual. Anak pertama kali merasakan cinta dan kasih sayang dari orangtua mereka, oleh sebab itu peran orang tua sangat penting dalam memberikan informasi tersebut. Dalam menjelaskan perihal pacaran atau bergaul dengan lawan jenis, orang tua harus berhati-hati dalam menyampaikannya, jangan sampai anak menjadi takut karena orang tua dengan tegas melarang anak untuk berpacaran. Tentu orangtua boleh melarang anak untuk berpacaran, namun sampaikanlah dengan cara yang bersahabat sehingga anak mengerti apa yang harus dilakukannya jika mulai dekat atau tertarik dengan lawan jenis.

Dengan adanya kegiatan KKO ini diharapkan orang tua dapat menemukan cara yang tepat dalam memberikan informasi kepada anak. Topik ini dibawakan oleh Ibu Rieke (Guru BK SMPK 5 PENABUR Jakarta). Kegiatan dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00. dihadiri oleh 23 peserta (orang tua siswa kelas 7) dan 20 orang siswa kelas 7. Orang tua dan anak mendengarkan dengan baik, dan diakhiri dengan siswa menandatangani purity form dan orang tua memberikan benda yang dapat diingat oleh anak sampai anak menikah nantinya.

Penulis: Juliana Hariyanto (Guru BK SMPK 4 PENABUR Jakarta)