Jakarta – Tanggapan yang luar biasa dari orang tua siswa kelas 1 hingga kelas 6 terhadap materi-materi yang disampaikan oleh Bapak Fidelis Waruwu, M.Sc.Ed. dalam seminar orang tua yang diadakah oleh SDK 3 PENABUR Jakarta, Sabtu 14 Oktober 2017. Seminar kali  bertemakan “Pengaruh Gadget  terhadap Konsentrasi Belajar Anak”.

Saat seminar beliau tidak hanya mengkaitkan pengaruh gadget  terhadap konsentrasi belajar anak, tetapi dikaitkan juga dengan kepribadian yang akan terbentuk pada anak. Beliau menekankan bahwa tingkah laku orang tua itu diobservasi oleh anak-anaknya. Beliau pun menyampaikan bahwa dari anak masih di dalam kandungan ibu dan pada rentang usia 0-5 tahun adalah masa keemasan, anak akan mengobservasi dan mengimitasi tingkah laku orang tuanya.

Beliau mengajak semua orang tua untuk mulai membatasi penggunaaan gadget  saat bersama dengan anak. Alasannya agar anak pun mengikuti perilaku yang orang tua tampilkan di depan anak dengan konsisten. Sehingga dapatlah terbentuk kepribadian yang baik pada anak.

Beliau pun menjabarkan dampak positif dan negatif dalam penggunaan gadget  baik untuk orang tua maupun untuk anak. Beliau berharap orang tua bisa menjadi role model  bagi anak-anak mereka dalam penggunaan  gadget , sehingga anak tetap dapat mengikuti perkembangan zaman. Namun, anak pun dapat belajar membatasi penggunaan  gadget.

Penulis: Inggrid Augustine (Guru BK SDK 3 PENABUR Jakarta)