Tangerang – Pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017 diadakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) yang ke 2 di SMPK PENABUR Bintaro Jaya, dengan Tema : REMAJAKU TANGGUH MENGHADAPI PENGARUH. KKO kali ini difasilitasi oleh Ibu Chrisanty Samuels, S.Psi, Guru BK SMPK Gading Serpong. Acara tersebut diikuti sekitar 40 orang tua kelas 7 SMPK PENABUR Bintaro Jaya.

Pertanyaan besar yang ingin dijawab dan didiskusikan bersama dalam pertemuan KKO kali ini adalah:

Bagaimana membuat anak remaja kita tetap uptodate/ kekinian namun tetap memegang standar moral yang benar?

Materi yang dibahas adalah tentang remaja. Apakah siswa-siswi yang saat ini berada pada usia remaja  bisa menghadapi pengaruh-pengaruh negatif seperti pornografi, bullying, zombie gadget dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut hanya sebagian kecil hal negatif yang ada di sekitar anak-anak remaja saat ini.  Dengan kematangan remaja yang belum terbentuk seutuhnya, remaja rentan dipengaruhi oleh lingkungannya. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan para orang tua.

Terdapat 4 Kematangan yang harus dicapai oleh remaja, yaitu : Kematangan Hukum, Kematangan Fisik, Kematangan Sosial Intelektual dan  Kematangan Moral.

Para orang tua juga berdiskusi tentang nilai-nilai yang dimiliki dalam keluarga masing-masing dan saling sharing di depan orang tua yang lain untuk dapat saling memperkaya. Semoga pertemuan KKO ini bermanfaat bagi para orang tua dalam mendampingi perkembangan anak-anak di masa remaja.

Penulis: Theresia Tyapul (Guru BK SMPK PENABUR Bintaro Jaya)