Depok – Sabtu, 20 Januari 2018, SDK PENABUR Depok melaksanakan pertemuan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) level 2 topik yang ke-3.  KKO kali ini membahas topik mengenai pentingnya ketaatan dalam diri anak. Topik ini masih berkesinambungan dengan topik sebelumnya, mengenai mengisi gudang moral dan pembentukan karakter.  Orang tua dapat mengisi gudang moral dan membentuk karakter anak dengan baik, jika dilandasi dengan ketaatan yang penuh pada diri anak.

Materi KKO dibawakan oleh Bapak Antonius Sapta, guru BK SDK 10 PENABUR Jakarta. Bapak Antonius Sapta memaparkan bahwa ketaatan adalah penting dalam proses pendidikan anak. Ada tiga hal utama yang menyebabkan anak menjadi tidak taat, yaitu ; perilaku orang tua yang mengancam, menyogok, dan negosiasi di tengah konflik. Tiga hal inilah yang perlu diperhatikan dalam proses pendidikan anak, agar proses pengisian gudang moral dan pembentukan karakter bisa berjalan baik.

Bapak Antonius Sapta memberikan contoh-contoh konkrit baik itu dalam bentuk pengalaman pribadi atau kasus-kasus. Para orang tua pun antusias dalam mengikuti penjelasan materi yang disampaikan. Para orang tua juga dilibatkan untuk membagikan pengalaman dan pergumulan mereka mengenai ketaatan anak. Tidak kalah antusiasnya juga, ada salah satu anak (siswa kelas III) Obamaputralaris Naibaho, menceritakan ajaran ketaatan dari orang tuanya di depan orang tua-orang tua yang hadir KKO. Luar biasa!!!

Semoga apa yang diperoleh bapak dan ibu orang tua siswa dalam pertemuan KKO ini, menjadi inspirasi dalam  mendidik anak. Yuk para bapak dan ibu, ayo tetap semangat dalam “Mendidik anak !!!! Tuhan Yesus Memberkati.

Penulis: Galih Laksita (Guru BK SDK PENABUR Depok)