Tangerang – Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) ke 3 SMPK PENABUR Kota Modern mengangkat tema “The Art of DISCIPLINE” atau seni mendisiplinkan anak, yang diadakan pada hari Sabtu, 10 Februari 2018. Kegiatan KKO kali ini difasilitasi oleh Ibu Windry Ester Aurora Dina, S. Psi yang adalah guru Bimbingan dan Konseling dari SMPK 7 PENABUR Jakarta.

Pada kegiatan ini Ibu Windry menjelaskan bahwa orang tua memiliki peran sebagai role model bagi anak untuk membentuk disiplin diri; orang tua perlu mengetahui gejala perkembangan perilaku anak, sehingga mampu menjadi inspirator dan pendorong yang efetif dalam membentuk karakter disiplin itu sendiri.

Orang tua juga diajak untuk mengetahui bagaimana cara mendorong yang benar dalam membentuk karakter disiplin tersebut, diantaranya dengan penggunaan kata – kata; pemilihan kata – kata perlu dibuat agar anak tidak merasa terancam atau terpaksa dalam membentuk karakter disiplin. Menggunakan Sentuhan; misalkan tos/ hai five, dll. Pemberian Hadiah; pemberian hadiah perlu diberikan sebagai reward kepada anak yang sudah menampilkan bentuk perilaku disiplin, orang tua perlu mengekspresikan sebagai bentuk penghargaan kepada anak. Waktu berkualitas, kesibukan kerja sebagai orang tua tentu bukan seharusnya menjadi alasan orang tua untuk tidak punya waktu sekedar komunikasi ringan atau bahkan sampai intens dengan anak. Pelayanan; orang tua juga perlu memberikan service yang membuat anak merasa diperhatikan dan mendapat perhatian dari kita orang tua.

Penulis: Cahyo Purnomo (Guru BK SMPK PENABUR Kota Modern)