Depok – Sabtu, 24 Februari 2018, SDK PENABUR Depok melaksanakan pertemuan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) level 2 topik ke-4.  KKO pertemuan terakhir ini mengambil topik mengenai disiplin. Berkesinambungan dengan topik sebelumnya, mengenai ketaatan, orang tua mengemban tugas yang lebih yaitu mendidik anak menjadi disiplin. Anak dididik untuk taat dan menyadari betul bahwa itu adalah bagian dari tanggung jawabnya.

Materi KKO dibawakan oleh Ibu Josephine Jeanne, Guru BK SDK PENABUR Kota Modern. Ibu Jeanne memaparkan bahwa disiplin alkitabiah diawali dengan pemberian instruksi dan penanaman pengetahuan moral. Disiplin adalah proses belajar yang berkesinambungan antara anak dengan orang tua. Anak adalah murid yang belajar dan orang tua adalah guru yang mengajarkan mengenai pengendalian disiplin.

Ibu Jeanne menjelaskan ada 3 prinsip utama dalam topik disiplin dengan dorongan semangat. Prinsip pertama tentang pujian verbal, yaitu bagaimana orang tua memberikan kata pujian yang bisa menguatkan perilaku. Prinsip kedua tentang pemberian insentif sasaran untuk memotivasi perilaku. Dan prinsip ketiga tentang penanaman perilaku moral. Prinsip ketiga ini menekankan pada pembangunan pengetahuan moral sampai terwujudnya perilaku moral.

Pada akhir sesi, para orang tua diberi kesempatan untuk berdiskusi dalam kelompok. Selain mendiskusikan tugas yang diberikan, para orang tua juga diberikan kesempatan untuk saling sharing pengalaman mereka dalam penanaman disiplin pada anak. Seruu sekali!!

Semoga apa yang diperoleh bapak dan ibu orang tua siswa dalam pertemuan KKO ini, menjadi inspirasi dalam  mendidik anak. Yuk para bapak dan ibu, ayo tetap semangat dalam “Mendidik anak !!!! Tuhan Yesus Memberkati.

Penulis: Galih Laksita (Guru BK SDK PENABUR Depok)