Tangerang – Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) ke-4 di SMPK PENABUR Gading Serpong diadakan pada hari Sabtu, 7 April 2018 dengan Tema “Talking About LOVE with Teens”, dibawakan oleh Bapak Darmawan Susanto (Guru BK dari SMPK PENABUR Gading Serpong). Jumlah peserta yang hadir pada saat kegiatan ada sekitar  240 orang, yang terdiri dari  150 orang tua dan 90 anak-anak / siswa-siswi, bertempat di Aula Lt. 6 SMAK PENABUR Gading Serpong.

Dalam kegiatan KKO yang ke-4 ini, orang tua banyak memperoleh informasi dan pengetahuan tentang bagaimana menjalin komunikasi yang efektif dengan anak remaja, khususnya pada saat berbicara tentang teman, persahabatan, dan pacaran. Ada 7 saran untuk meningkatkan komunikasi orang tua terhadap remaja antara lain : (1) Percakapan Direct vs Indirect; (2) Menciptakan kesempatan; (3) Perhatikan  yang tersurat dan tersirat; (4) Mendengarkan dengan empati; (5) Sedia waktu “Pembicaraan 10”; (6) Hati-hati dengan lidah dan nada bicara; dan (7) Berbagi pengalaman hidup. Selain itu, orang tua juga memperoleh informasi tentang tahap-tahap dalam sebuah hubungan, ada 3 fase pacaran serta rambu-rambu pacaran yang perlu diperhatikan.

Bapak Darmawan selaku fasilitator, menyampaikan materi tersebut dengan teknik ceramah, tanya jawab, dialog, dan memberikan kesempatan pada orang tua untuk sharing tentang pengalaman konsep persahabatan dan pacaran. Apabila ada orang tua yang kurang jelas, dapat langsung bertanya pada fasilitator. Untuk memperjelas materi yang disampaikan, fasililtator memutar klip film yang sudah disiapkan, agar informasi yang disampaikan kepada orang tua lebih jelas. Disela-sela penyampaian materi, ada juga selingan persembahan pujian dari paduan suara dan vocal grup guru. Di akhir sesi, fasilitator mengajak anak-anak untuk menandatangani sertifikat “Purity Commitment” sebagai tekad dan janji untuk bersedia hidup kudus dan suci di hadapan Tuhan, yang disertai dengan tanda tangan dari orang tua juga.

Respon orang tua setelah mengikuti KKO ini terlihat antusias dan positif, dan mereka berharap agar di sesi KKO tahun yang akan datang, tetap dapat dipertahankan dengan baik, dengan tema pembahasan seputar remaja yang ditambah dan update. Di Akhir kegiatan KKO Edisi Spesial ini ditutup dengan Doa dan diadakan perjamuan kasih bersama.

Bpk Darmawan (fasilitator) bersama siswa peserta KKO

Penandatanganan sertifikat “Purity Commitment”

Siswa-siswi peserta KKO dengan sertifikat “Purity Commitment” yang telah ditandatangani

Foto bersama orang tua dan siswa peserta KKO

Penulis: Darmawan Susanto (Guru BK SMPK Gading Serpong)