Penyampaian Materi oleh Bp Johan / dokumentasi pribadi

Jakarta – Pada Tahun Pelajaran 2018 – 2019 SDK PENABUR Kota Modern kembali mengadakan Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO). Pertemuan pertama level 1 ini mulai diadakan pada hari Sabtu, 29 September 2018 pukul 08.00 – 10.00. Ada 39 orangtua siswa kelas 1 dan 2 yang mendaftar sebagai peserta KKO. Namun karena waktu pelaksanaan KKO bersamaan dengan libur Mid Test semester 1, maka banyak peserta yang sudah terlanjur liburan ke luar kota atau atau luar negeri. Sehingga peserta yang hadir hanya berjumlah sekitar 22 orangtua.

“Anak penurut, penakut, atau pemberontak” adalah tema KKO pada kali ini. Materi  dibawakan oleh Bapak Johan Wahyudi, guru BK dari SDK 8 PENABUR Jakarta (Cawang). Awalnya para peserta KKO mendengarkan dengan agak tegang, namun terus ditawarkan untuk mendengarkan sambil makan bakpao dan minum kopi, teh, atau susu yang telah disuguhkan. Setelah itu, mereka terlihat lebih santai dan lebih antusias mengikuti berjalannya kegiatan.

Saat masuk ke sesi diskusi, kelompok yang telah dibagi per 10 orang mendapat 1 kasus yang harus dipecahkan bersama. Setiap anggota mulai menyampaikan pendapatnya secara bergantian. Kemudian setiap kelompok dengan juru bicaranya masing-masing menyampaikan hasil dari diskusi mereka. Banyak anggota di tiap kelompok yang pada akhirnya memberikan pendapatnya, bahkan sedikit diluar topik yang sedang dibahas. Saling bertukar pendapat demikian adalah positif agar semakin saling memperlengkapi antara sesama orangtua.

Peserta KKO / dokumentasi pribadi

Peserta KKO / dokumentasi pribadi

Penulis: Christiana Pratama, S.Psi (Guru BK SDK PENABRU Kota Modern)