KKO SMPK Gading Serpong / dokumentasi pribadi

Tangerang – Pada tanggal 22 September 2018 yang lalu, SMP Kristen PENABUR Gading Serpong mengadakan kegiatan KKO (Kelompok Kepedulian Orang tua) untuk Edisi Perdana di Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dibawakan oleh Bpk Darmawan S. (Guru BK SMP Kristen PENABUR Gading Serpong). Adapun tema yang dibawakan adalah “Memenangkan Hati Anak” dan jumlah peserta (orangtua siswa) yang mengikuti kegiatan ini adalah sekitar 210 orang.

Dalam kegiatan ini dijelaskan tentang pentingnya peran serta dan kepedulian orangtua dalam memenangkan hati anak remaja sekarang ini. Terlebih lagi banyak orangtua yang mengeluh mengenai sikap dan perilaku anak remaja sekarang antara lain: tidak mau taat pada peraturan, berani melawan perintah orangtua, acuh tak acuh terhadap sesama, mulai kecanduan dengan game online dan lain-lain.

Pada KKO ke-1 ini juga dibahas tentang 4 pola asuh orangtua, antara lain: Authoritarian, Permissive, Neglected dan Autoritative. Oleh karena itu, setelah dipaparkan dengan jelas tentang materi KKO perdana ini, kurang lebih sebanyak 174 keluarga mengambil komitmen untuk mengikuti rangkaian kegiatan KKO di Tahun Pelajaran ini sesuai dengan waktu pertemuan yang telah disepakati bersama. Jumlah pertemuan KKO selama 1 tahun pelajaran adalah sebanyak 4 kali, yang rata-rata diadakan 2 bulan sekali.

Kami berharap, melalui kegiatan KKO (Kelompok Kepedulian Orang tua) ini, yang secara serentak diselenggarakan di seluruh sekolah BPK PENABUR Jakarta, khususnya jenjang SMP  dan SD (pada jenjang SLTA disebut Parents Cell Group), dapat memberikan kontribusi positif bagi banyak orangtua dalam menghadapi pergumulan perkembangan anak yang semakin kompleks sekarang ini.

KKO SMPK Gading Serpong / dokumentasi pribadi

KKO SMPK Gading Serpong / dokumentasi pribadi

Penulis: Eunike Pratisya (Guru BK SMPK PENABUR Gading Serpong)