Jakarta – Dinamika masa remaja yang sudah memasuki era milenial memang berbeda dengan era-era remaja sebelumnya terlebih mengenai sikap dan perilaku disiplin. Remaja saat ini sudah lebih peka terhadap perkembangan teknologi namun untuk sikap dan perilaku displin mereka cenderung mengabaikannya.

Dengan latar belakang tersebut SMPK 2 PENABUR Jakarta pada hari Sabtu, 10 November 2018 mengadakan pertemuan ke-3 kegiatan Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO) yang bertemakan “The Art of Dicipline”. Pertemuan yang difasilitasi oleh Bapak Natanael (Guru BK SMPK PENABUR Harapan Indah) ini berlangsung pukul 08.00 – 10.00 WIB dan dihadiri oleh 24 orangtua siswa.

Dalam pertamuan KKO kali ini Bapak Natanel mengajak para orangtua secara khusus untuk dapat menjadi motivator bagi anak-anak mereka dalam beperilaku disiplin baik dalam lingkungan keluarga maupun di masyarakat. Dalam seni mendisiplinkan anak, khususnya anak-anak yang saat ini telah memasuki masa remaja, perlu adanya proses mengoreksi sikap pribadi, mengajarkan konsekuensi hari esok, memahami pemberontakan makro dan mikro, orangtua lebih memberikan pengaruh disbanding mengedepankan otoritas sebagai orangtua, dan mampu melibatkan anak dalam setiap pekerjaan rumah tangga.

Akhir kata, hal terbaik dan terindah yang tidak dapat dilihat atau disentuh oleh dunia adalah yang dirasakan di dalam hati. Harapannya anak-anak dapat memahami nilai-nilai disiplin dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penyampaian Materi oleh Bp Natanael / dokumentasi pribadi

Orangtua peserta KKO / dokumentasi pribadi

Orangtua peserta KKO / dokumentasi pribadi

Penulis: Yoga Prima Wibowo (Guru BK SMPK 2 PENABUR Jakarta)