Bekasi – SDK PENABUR Harapan Indah telah mengadakan Kelompok Kepedulian Orangtua (KKO). KKO yang terselenggara pada Sabtu 9 Maret 2019 adalah KKO Level 1 pertemuan terakhir dengan tema “Ayah Mendidik”. KKO dibawakan oleh Bapak Darmawan (Guru BK SMPK Gading Serpong). Para orangtua siswa yang hadir sebagai peserta tampak antusias mengikuti kegiatan KKO ini.

Pada masa sekarang ini berbagai kebutuhan baik kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan pendidikan menjadi semakin tinggi. Hal ini membuat orang tua (terkhusus ayah) harus semakin keras membanting tulang dalam memenuhi kebutuhan hidup. Tetapi pada pertemuan KKO kali ini para ayah ditegur bahwa  ayah bukanlah hanya berperan dalam pemenuhan kebutuhan keluarga saja. Ayah harus turut ambil bagian dalam tumbuh kembang anak.

Para Ayah diharapkan memiliki waktu yang diluangkan untuk anak. Ayah perlu hadir, berkomunikasi, bahkan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak. Karena cinta kasih yang utuh dari ayah dan ibu akan menumbuhkan rasa percaya dalam diri anak. Rasa percaya ini merupakan jembatan yang menghubungkan kebutuhan anak untuk tahu bahwa mereka betul-betul dimiliki, diterima, dan dikasihi dengan perasaan. Setelah rasa percaya itu ada maka diharapkan anak kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dalam tiap masa perkembangannya. Pada pertemuan ini para ayah juga mendapat pemahaman tentang 8 tanggung jawab ayah dalam mendidik dan membesarkan anak beserta petunjuk praktisnya untuk dilakukan.

Pada akhir kegiatan dibagikan 3 doorprize khusus untuk para Ayah yang hadir. KKO pertemuan ke 4 ini dihadiri oleh 80 peserta. Terdapat 25 peserta yang mendapat apresiasi berupa hadiah atas kesetiaan mengikuti rangkaian pertemuan KKO Level 1 di tahun pelajaran 2018/2019. Kegiatan ditutup oleh Ibu Anastasia Rustiningsih sebagai tanda bahwa KKO tahun 2018/2019 telah resmi selesai.

Berikut beberapa dokumentasi saat kegiatan:

Penulis: Ibu Trifena Raqia (Guru BK SDK PENABUR Harapan Indah)

Baca berita kegiatan parenting lainnya: