Suatu ketika ada seorang anak kecil bernama Shankar. Dia berasal dari keluarga miskin. Suatu hari, dia sedang melintasi hutan sambil membawa beberapa kayu. Dia melihat seorang lelaki tua yang sangat lapar.

Shankar ingin memberinya makanan, tapi dia bahkan tidak punya makanan untuk dirinya sendiri. Jadi dengan hati yang sedih dia melanjutkan perjalanannya. Di tengah perjalanan, ia melihat seekor rusa yang sangat kehausan. Dia ingin memberi rusa itu air, tapi dia tidak punya air untuk dirinya sendiri. Jadi dia kembali melanjutkan perjalanannya.

Kemudian dia melihat seorang laki-laki yang ingin membuat kemah tetapi dia tidak mempunyai cukup kayu. Shankar menanyakan masalahnya dan memberikan beberapa kayu yang ia miliki pada pria itu.

Sebagai imbalannya, pria itu memberi Shankar makanan dan air. Sekarang dia kembali menemui lelaki tua yang tadi dan memberinya makanan, dan memberikan air kepada rusa yang ia lewati tadi.

Pria tua dan rusa itu sangat gembira. Shankar kemudian dengan gembira melanjutkan perjalanannya.

Namun suatu hari Shankar terjatuh dari bukit. Dia kesakitan tetapi dia tidak bisa bergerak dan tidak ada seorang pun yang membantunya. Tanpa disangka, lelaki tua yang pernah dia tolong sebelumnya melihatnya dan segera datang dan menariknya ke atas bukit.

Shankar mengalami banyak luka di kakinya. Rusa yang dulu diberi air oleh Shankar melihat lukanya dan segera pergi ke hutan dan membawa beberapa tumbuhan. Setelah beberapa waktu, lukanya tertutupi. Semua sangat senang karena bisa saling membantu.

Moral: Setiap kebaikan akan mendapatkan balasannya

(Diadaptasi dengan penyesuaian dari https://www.moralstories.org/)

Cerita Inspiratif lain..

Ketakutan vs Rasa Hormat

Petani yang Malas

Perbedaan Respon dan Reaksi

Bocah Kecil dengan Ketapel