Kebutuhan dasar seorang anak adalah kasih yang diberikan orangtua. Bentuk kasih sayang yang terjalin antara orang tua dan anak akan mempengaruhi pertumbuhan fisik, intelektual, kognitif, serta perkembangan psikologis anak.

Pada dasarnya, rasa kasih tidak hanya dilakukan antar sesama manusia, namun bisa juga terhadap binatang, tumbuhan, atau benda yang ada di sekitar kita.

Untuk menumbuhkan sikap kasih dari seorang anak tak lepas dari peran orang tua dalam membimbing anaknya di dalam lingkungan keluarga sejak dini. Berikut adalah beberapa cara yang dapat orang tua lakukan:

1. Menciptakan Kondisi Rumah yang Penuh dengan Kasih Sayang

Orang tua dapat melakukannya misalnya dengan berbicara lembut pada anak, memberi perhatian melalui tindakan seperti memeluk, membelai, atau mencium anak Selain itu, makan malam bersama, mengajak anak untuk saling mendoakan, dan meminta maaf satu sama lain dapat mendukung terciptanya kondisi rumah yang penuh kasih.

2. Bermain Bersama

Di usia 2-3 tahun anak mulai berminat pada permainan simbolik dan bohong-bohongan atau permainan khayalan. Sehingga, ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengembangkan imajinasi anak dengan bermain bersamanya. Misalnya, kita sebagai orangtua bisa berpura-pura menjadi pasien yang sakit, dan biarkan si kecil berpura-pura menjadi dokter mengurus kita.

3. Mengajak Anak Terlibat Praktek Nyata

Anak diminta untuk mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dirumah untuk kemudian disumbangkan ke panti asuhan. Disana anak bisa berinteraksi bersama anak-anak lain di panti.

Kita sebagai orang tua menjelaskan tentang arti panti asuhan kepada anak sesuai dengan usianya. Secara praktis, dalam diri anak akan timbul rasa kasih yang lebih besar kepada teman-temannya yang ada di panti asuhan.

Intinya, di dalam diri anak ditumbuhkembangkan sikap bahwa semua itu adalah anugerah Tuhan dan bahwa kita hidup harus saling tolong-menolong dalam kasih.

4. Menggunakan Media Dalam Membimbing Anak

Media bisa digunakan dalam membimbing anak untuk belajar menumbuhkan kasih. Misalnya, dengan membacakan cerita yang mengandung nilai-nilai moral, bersama-sama menonton film atau acara televisi yang mendukung.

Hal demikian merupakan kesempatan orang tua untuk mengajarkan rasa kasih pada anak lewat tokoh-tokoh cerita atau tokoh dalam film.

5. Memelihara Binatang Peliharaan

Hewan bisa jadi media mengajarkan anak tentang perhatian dan cinta kasih. Ajarkan pada anak cara memberi makan hewan tepat waktu, memandikannya, dan mengajaknya bermain.

Jika anak sudah mampu, beri anak tanggung jawab untuk membantu memberi makan hewan tersebut. Memelihara hewan merupakan praktek pembelajaraan bagi anak untuk mengekspresikan sikap kasih.

Sekarang saatnya bagi kita sebagai orang tua untuk mulai berperan dalam mengembangkan sikap moral yang baik dalam diri anak-anak kita, agar anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas. Tuhan memberkati.

Penulis: Anastasia Fanny, M.Psi., Psikolog (Psikolog Jenjang TK-SD)

Baca artikel lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!