Motivation training adalah kegiatan tahunan yang diadakan di sekolah-sekolah BPK PENABUR Jakarta jenjang SD dan SMP. Di jenjang SD, kegiatan ini akan diadakan menjelang masa ujian dan menargetkan peserta didik kelas 6 sebagai peserta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memompa semangat dan motivasi belajar para peserta didik. Dengan demikian, mereka akan memasuki masa ujian dengan semangat penuh sehingga harapannya akan mengerjakan ujian dalam kondisi optimal.

BPK PENABUR Jakarta tentu menyadari pentingnya kegiatan ini bagi para peserta didik. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, BPK PENABUR Jakarta melalui Seksi Bimbingan Konseling dan Psikoedukatif mengadakan Pelatihan Pengembangan Tim Motivation Training Jenjang SD.

Pelaksanaan Pelatihan

Beberapa guru BK jenjang SD BPK PENABUR Jakarta tergabung dalam Tim Motivation Training. Tim inilah yang bertugas merancang hingga menyampaikan materi dalam kegiatan motivation training yang menarik sehingga tujuannya dapat tercapai sekaligus juga membuat para peserta mengikutinya dengan antusias.

Pelatihan pengembangan Tim Motivation Training ini dibawakan oleh Bapak Sugiya Oki  yang biasa disapa Kak Aming sebagai pembicara. Kegiatan kali ini rupanya bukan kali pertama Kak Aming membawakan materi di BPK PENABUR Jakarta. Sejak tahun 2018, Kak Aming sudah beberapa kali membawakan materi dalam kegiatan Pumping untuk peserta didik di beberapa sekolah jenjang SMP.

Pelatihan Pengembangan Tim Motivation Training ini berlangsung selama satu hari, yaitu pada hari Selasa, 15 Oktober 2024. Kegiatan ini terbagi dalam empat sesi. Setelah pembukaan berupa renungan pagi dan sambutan dari Ibu Lidya Ida Fatonah (Kepala Bagian Lapendik), secara berturut-turut setiap sesi membahas tentang Learning Myth, Basic Fasilitator Attitude, Experiential Learning, dan terakhir adalah Mini Experiential Learning.

Dari sesi ke sesi Kak Aming selalu mengajak peserta pelatihan untuk terlibat secara aktif. Bahkan, bukan sekedar tanya jawab atau menanggapi penyampaian materi dengan tetap duduk di kursi peserta. Di sisi lain, para peserta diajak untuk banyak beraktivitas sehingga mendapatkan pengalaman (experience). Dari pengalaman inilah baru kemudian para peserta diajak untuk berefleksi dan kemudian membahas pengalaman tersebut. 

Metode penyampaian materi yang menekankan pada pengalaman tentu lebih mudah dipahami oleh para peserta sekaligus menjadi latihan bagi para peserta untuk menerapkannya saat merancang kegiatan Motivation Training.

Berbagai experience yang dapat menjadi sarana pembelajaran antara lain adalah studi kasus, permainan seperti gerak dan lagu, diskusi kelompok, debriefing, debat dan sebagainya. Selain itu, Kak Aming juga membahas tentang perbedaan antara ice breaking, games, dan energizer; serta bagaimana menerapkannya dalam sebuah kegiatan sesuai dengan tujuannya.

Pada sesi terakhir, para peserta berkesempatan untuk menerapkan semua ilmu yang telah dipelajari. Secara berkelompok para peserta membuat sebuah sesi motivation training yang menekankan pada experience learning. Kemudian, para peserta bergiliran mempraktekkan sesi yang telah dirancang tersebut.

Penutup

Pelatihan ini mendapat sambutan baik dari semua peserta yang terlihat dari hasil evaluasi pada akhir kegiatan. Para peserta merasa mendapat manfaat untuk mengembangkan diri lebih dari sebagai tim motivation training.

Pada Tahun Pelajaran 2024/2025 ini Seksi BK dan Psikoedukatif masih akan mengadakan beberapa pelatihan bagi guru BK. Antara lain adalah Pelatihan Doodle Test untuk untuk guru BK jenjang SLTA yang akan diadakan pada bulan November 2024. Kemudian, Pelatihan Become an Effective Trainer untuk guru BK jenjang SMP yang akan diadakan pada bulan Januari 2025. Serta, Pelatihan Sikap dan Peran Guru BK dalam Pembentukan Identitas Gender Anak SD untuk guru SD yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2025.

BPK PENABUR Jakarta melalui Seksi BK dan Psikoedukatif terus mendukung pengembangan layanan Bimbingan dan Konseling. Salah satunya adalah melalui pengembangan para Guru BK itu sendiri.

(SH)

Baca Berita Kegiatan Lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!