3.1 Pengertian
Pelayanan perencanaan individual merupakan kegiatan pemberian bantuan kepada peserta didik agar mampu merumuskan dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan masa depan berdasarkan pemahaman akan kelebihan dan kekurangan dirinya, serta pemahaman akan peluang dan kesempatan yang tersedia di lingkungannya. Kegiatan orientasi, informasi, konseling individual, rujukan, kolaborasi, dan advokasi diperlukan dalam implementasi pelayanan ini.
3.2 Tujuan
Melalui pelayanan perencanaan individual, peserta didik diharapkan dapat:
- Mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan lanjutan, merencanakan karier, dan mengembangkan kemampuan sosial-pribadi, yang didasarkan atas pengetahuan akan dirinya, informasi tentang sekolah/madrasah, dunia kerja, dan masyarakatnya.
- Menganalisis kekuatan dan kelemahan dirinya dalam rangka pencapaian tujuannya.
- Mengukur tingkat pencapaian tujuan dirinya
- Mengambil keputusan yang merefleksikan perencanaan dirinya.
Isi layanan perencanaan individual adalah hal-hal yang menjadi kebutuhan peserta untuk memahami secara khusus tentang perkembangan dirinya sendiri. Meskipun perencanaan individual ditujukan untuk memandu seluruh peserta didik, pelayanan yang diberikan lebih bersifat individual karena didasarkan atas perencanaan, tujuan dan keputusan yang ditentukan oleh masing-masing peserta didik.
Baca selanjutnya mengenai Fokus Pengambangan dan Strategi Pelaksanaan Pelayanan Individual, disini.
Sumber : Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal
Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta: