3.1 Pengertian

Pelayanan perencanaan individual merupakan kegiatan pemberian bantuan kepada peserta didik agar mampu merumuskan dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan masa depan berdasarkan pemahaman akan kelebihan dan kekurangan dirinya, serta pemahaman akan peluang dan kesempatan yang tersedia di lingkungannya. Kegiatan orientasi, informasi, konseling individual, rujukan, kolaborasi, dan advokasi diperlukan dalam implementasi pelayanan ini.

3.2 Tujuan

Melalui pelayanan perencanaan individual, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan lanjutan, merencanakan karier, dan mengembangkan kemampuan sosial-pribadi, yang didasarkan atas pengetahuan akan dirinya, informasi tentang sekolah/madrasah, dunia kerja, dan masyarakatnya.
  2. Menganalisis kekuatan dan kelemahan dirinya dalam rangka pencapaian tujuannya.
  3. Mengukur tingkat pencapaian tujuan dirinya
  4. Mengambil keputusan yang merefleksikan perencanaan dirinya.

     Isi layanan perencanaan individual adalah hal-hal yang menjadi kebutuhan peserta untuk memahami secara khusus tentang perkembangan dirinya sendiri. Meskipun perencanaan individual ditujukan untuk memandu seluruh peserta didik, pelayanan yang diberikan lebih bersifat individual karena didasarkan atas perencanaan, tujuan dan keputusan yang ditentukan oleh masing-masing peserta didik.

3.3 Fokus Pengembangan

Yang menjadi fokus pengembangan dari perencanaan individual adalah:

  1. Akademik. Memanfaatkan keterampilan belajar, menentukan pendidikan lanjutan dan jurusannya, memilih kursus atau pelajaran tambahan yang tepat dan memahami nilai belajar sepanjang hayat.
  2. Karier. Mengeksplorasi peluang-peluang karier, pelatihan pekerjaan dan mempunyai kebiasaan bekerja.
  3. Sosial-pribadi. Mengembangkan konsep diri yang positif dan keterampilan sosial yang efektif.
3.4 Strategi Pelaksanaan Pelayanan Perencanaan Individual

Adapun strategi yang dipakai dalam pelaksaaan pelayanan perencanaan individual, antara lain:

  1. Penggunaan aplikasi instrumentasi. Melalui aplikasi instrumentasi guru pembimbing dapat menjaring data/ informasi dari peserta didik yang selanjutnya dianalisis sehingga memperoleh gambaran mengenai kekuatan dan kelemahan diri peserta didik.
  2. Penilaian Individual. Penilaian Individual bertujuan agar peserta didik memiliki pemahaman, penerimaan dan pengarahan dirinya sebagai pribadi secara positif dan konstruktif.
  3. Penempatan dan Penyaluran. Kegiatan ini diperlukan khususnya saat membimbing peserta didik dalam pemilihan penjurusan untuk membentuk dirinya menempati posisi yang sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya.

 

 

Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta: