Bimbingan Klasikal

3.3 Fokus Pengembangan

Yang menjadi fokus pengembangan dari perencanaan individual adalah:

  1. Akademik. Memanfaatkan keterampilan belajar, menentukan pendidikan lanjutan dan jurusannya, memilih kursus atau pelajaran tambahan yang tepat dan memahami nilai belajar sepanjang hayat.
  2. Karier. Mengeksplorasi peluang-peluang karier, pelatihan pekerjaan dan mempunyai kebiasaan bekerja.
  3. Sosial-pribadi. Mengembangkan konsep diri yang positif dan keterampilan sosial yang efektif.
3.4 Strategi Pelaksanaan Pelayanan Perencanaan Individual

Adapun strategi yang dipakai dalam pelaksaaan pelayanan perencanaan individual, antara lain:

  1. Penggunaan aplikasi instrumentasi. Melalui aplikasi instrumentasi guru pembimbing dapat menjaring data/ informasi dari peserta didik yang selanjutnya dianalisis sehingga memperoleh gambaran mengenai kekuatan dan kelemahan diri peserta didik.
  2. Penilaian Individual. Penilaian Individual bertujuan agar peserta didik memiliki pemahaman, penerimaan dan pengarahan dirinya sebagai pribadi secara positif dan konstruktif.
  3. Penempatan dan Penyaluran. Kegiatan ini diperlukan khususnya saat membimbing peserta didik dalam pemilihan penjurusan untuk membentuk dirinya menempati posisi yang sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya.

 

Sumber : Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal

 

Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta: