3.3 Fokus Pengembangan
Yang menjadi fokus pengembangan dari perencanaan individual adalah:
- Akademik. Memanfaatkan keterampilan belajar, menentukan pendidikan lanjutan dan jurusannya, memilih kursus atau pelajaran tambahan yang tepat dan memahami nilai belajar sepanjang hayat.
- Karier. Mengeksplorasi peluang-peluang karier, pelatihan pekerjaan dan mempunyai kebiasaan bekerja.
- Sosial-pribadi. Mengembangkan konsep diri yang positif dan keterampilan sosial yang efektif.
3.4 Strategi Pelaksanaan Pelayanan Perencanaan Individual
Adapun strategi yang dipakai dalam pelaksaaan pelayanan perencanaan individual, antara lain:
- Penggunaan aplikasi instrumentasi. Melalui aplikasi instrumentasi guru pembimbing dapat menjaring data/ informasi dari peserta didik yang selanjutnya dianalisis sehingga memperoleh gambaran mengenai kekuatan dan kelemahan diri peserta didik.
- Penilaian Individual. Penilaian Individual bertujuan agar peserta didik memiliki pemahaman, penerimaan dan pengarahan dirinya sebagai pribadi secara positif dan konstruktif.
- Penempatan dan Penyaluran. Kegiatan ini diperlukan khususnya saat membimbing peserta didik dalam pemilihan penjurusan untuk membentuk dirinya menempati posisi yang sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya.
Sumber : Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal
Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta: