Suatu hari di sebuah festival yang besar. Dua kucing sedang berkeliaran bersama. Salah satu kucing melihat sebuah kue besar meleset dan jatuh ke bawah meja. Kucing yang lain langsung melompat dan mengambilnya.

Kucing pertama berkata, “Berikan aku kuenya. Akulah yang pertama kali melihatnya.”Kucing lainnya berkata, “Akulah yang mengambilnya.”

Mereka berdebat dan berkelahi, tapi tidak ada solusi. Saat itu, seekor monyet lewat. Dia berpikir, “Mereka pasti kucing yang bodoh! Saya memanfaatkan kesempatan ini.”Dia mendatangi kucing-kucing itu dan berkata dengan suara keras. “Jangan berkelahi. Izinkan saya berbagi kuenya untuk kalian berdua”. Kucing-kucing itu pun menyerahkan kue tersebut kepada monyet.

Monyet itu kemudian membagi kuenya menjadi dua bagian. Dia menggelengkan kepalanya dan berkata, “Oho! Yang satu lebih besar. Yang satu lebih kecil”. Monyet pun menggigit bagian kue yang lebih besar dengan tujuan agar menyisakan dua bagian yang sama besar.

Namun setelah gigitan pertama, ternyata kedua kue tetap tidak sama besar. Ia pun berkata, “Oho! Kini jumlahnya menjadi lebih kecil”.

Monyet itu kemudian kembali menggigit kue yang lain. Dan dengan demikian, dia terus makan dari satu bagian ke bagian lain dan akhirnya menghabiskan seluruh kuenya.

Kedua kucing malang itu kecewa.

Moral: Ketika Anda bertengkar, orang lain mendapat untung.

(Diadaptasi dengan penyesuaian dari https://www.moralstories.org/)

Cerita Inspiratif lain..

Lingkaran Kejahatan

Membantu Orang Lain

Ketakutan vs Rasa Hormat

Petani yang Malas