Suatu hari yang panas, seekor burung gagak yang kehausan terbang ke seluruh ladang mencari air. Untuk waktu yang lama, dia tidak dapat menemukannya. Dia merasa sangat lemah, hampir kehilangan harapan.

Tiba-tiba, dia melihat kendi air di bawah pohon. Dia terbang langsung ke bawah untuk melihat apakah ada air di dalamnya. Ya, sesuai harapan, dia bisa melihat air di dalam kendi!

Burung gagak mencoba memasukkan kepalanya ke dalam kendi. Sayangnya, dia mendapati leher kendi itu terlalu sempit sehingga paruhnya tidak dapat mendapai air itu. Kemudian dia mencoba mendorong kendi itu hingga miring agar airnya mengalir keluar, namun kendi itu terlalu berat.

Burung gagak berpikir keras untuk beberapa saat. Kemudian, ketika melihat sekelilingnya, dia melihat beberapa kerikil. Dia tiba-tiba mendapat ide bagus. Dia mulai mengambil kerikil satu per satu, menjatuhkannya ke dalam kendi.

Semakin banyak kerikil yang memenuhi kendi, permukaan air terus meningkat. Tak lama kemudian, ketinggiannya sudah cukup tinggi bagi burung gagak untuk minum. Rencananya berhasil!

Moral: Berpikir dan bekerja keras, Anda mungkin menemukan solusi untuk masalah apa pun.

(Diadaptasi dengan penyesuaian dari https://www.moralstories.org/)

Cerita Inspiratif lain..

Kambing yang Keras Kepala

Seekor Monyet dan 2 Ekor Kucing

Lingkaran Kejahatan

Membantu Orang Lain