Kegiatan Pembekalan Guru BK Baru BPK PENABUR Jakarta TP 2024/2025 baru saja selesai dilaksanakan. Sebanyak 11 guru BK baru terlibat dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut, yaitu 7-8 Oktober 2024. Kesebelas peserta pembekalan ini terdiri dari guru BK jenjang SD, SMP, SLTA, dan SPK yang baru bergabung dengan BPK PENABUR Jakarta sebagai guru BK pada tahun pelajaran baru.

Pembekalan Hari Pertama

Pada hari pertama, kegiatan pembekalan guru BK baru dibuka dengan renungan pagi dan sambutan dari Ibu Lidya Ida Fatonah selaku Kepala Bagian Lapendik. Penyampaian materi pada hari pertama terbagi dalam 3 sesi.

Sesi pertama membahas mengenai Spirit BK yang dibawakan oleh Bapak Christian Imas, Kepala Seksi BK & Psikoedukatif. Dalam sesi ini, para guru BK baru bersama-sama mendalami inti semangat dalam menjadi seorang konselor kristiani yang profesional. Makna dari visi, misi, motto, dan logo Bimbingan Konseling BPK PENABUR dibahas dalam sesi ini.

Kemudian sesi kedua dibawakan Bapak Adhi Dharmasaputro, guru BK SMAK 6 PENABUR Jakarta. Dalam sesi ini, Bapak Adhi banyak berbagai mengenai Kompetensi Guru BK yang terdiri dari pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

Sedangkan sesi terakhir pada hari pertama dibawakan oleh Bapak Johan Wahyudi, wakil kepala sekolah SDK PENABUR Gading Serpong. Sebelumnya, bapak Johan telah berpengalaman sebagai guru BK yang pernah bertugas di beberapa sekolah BPK PENABUR Jakarta.

Dalam sesi ini Bapak Johan menyampaikan materi mengenai Etos Kerja sebagai guru BK. Tak hanya membahas mengenai pengertian etos kerja, Bapak Johan juga secara mendetail menjelaskan tentang seperti apa guru BK yang memiliki etos kerja baik dan bagaimana yang tidak. Contoh-contoh nyata seperti ini tentu akan sangat membantu para peserta pembekalan untuk menerapkannya dalam tugas pekerjaan sehari-hari.

Pembekalan Hari Kedua

Kegiatan pembekalan hari kedua juga dimulai dengan renungan pagi. Setelah itu, sesi pertama pada hari kedua ini disampaikan oleh Ibu Victoria Linda, guru BK dari SPK SMAK PENABUR Kelapa Gading yang juga adalah Koordinator Guru BK Jenjang SPK.

Sepanjang sesi pertama ini Ibu Linda memang tidak banyak berbagi tentang teori. Ibu Linda lebih banyak berbagi tentang pengalaman dan kejadian-kejadian yang menjadi pelajaran sepanjang menjadi guru BK. Ibu Linda menekankan bahwa pengalaman yang saat ini terasa tidak mengenakkan dapat membantu kita menjadi pribadi yang semakin kuat dan profesional dalam bekerja.

Sesi berikutnya adalah Studi Kasus yang kembali disampaikan oleh Bapak Christian Imas. Dalam sesi ini peserta diminta berkelompok sesuai dengan jenjangnya sehingga lebih memudahkan dalam proses diskusi. Beberapa kondisi kasus peserta didik ditampilkan dan para peserta saling berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk menghadapi kondisi tersebut.

Selanjutnya pada sesi ketiga adalah materi tentang BK Komprehensif yang disampaikan oleh Ibu Margaretha (Etha) Yobella dari SMPK 7 PENABUR Jakarta. Ibu Etha mendorong para peserta terlibat aktif sepanjang sesi. Salah satunya adalah dengan meminta peserta secara berkelompok memilih kondisi siswa dan mencocokkan dengan beberapa pilihan metode untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan kondisi tersebut.

Penutupan Kegiatan Pembekalan Guru BK Baru

Setelah 6 sesi materi, kegiatan pembekalan guru BK baru ditutup pada akhir hari kedua. Penutupan dilakukan dengan penulisan komitmen, penyampaian kesan dan pesan dari peserta, dan penyematan Pin BK.

Penyematan pin BK yang bertuliskan motto BK “I am Counselor Wherever I am” adalah lambang kesiapan para guru BK untuk terjun ke dalam tugas pelayanan sehari-hari. Berbagai materi dan sharing pengalaman dari pembicara tentu menjadi bekal yang berarti bagi para guru BK baru.

(SH)

Baca Berita Kegiatan Lainnya…

Ikuti akun instagram kami untuk mendapatkan info-info terkini. Klik disini!