A. MEMAHAMI SECARA MENDALAM KONSELI YANG HENDAK DILAYANI
  1. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas, kebebasan memilih, dan mengedepankan kemaslahatan konseli dalam konteks kemaslahatan umum.
  2. Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli.

B. MENGUASAI LANDASAN TEORITIK BIMBINGAN & KONSELING
  1. Menguasai teori dan praktis pendidikan.
  2. Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenjang, dan jenis satuan pendidikan.
  3. Menguasai konsep dan praktis penelitian dalam bimbingan & konseling.
  4. Menguasai kerangka teoritik dan praktis bimbingan & konseling.

C. MENYELENGGARAKAN BIMBINGAN & KONSELING YANG MEMANDIRIKAN
  1. Merancang program bimbingan dan konseling.
  2. Mengimplementasikan program bimbingan & konseling yang komprehensif.
  3. Menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling.
  4. Menguasai konsep dan praktis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli.

D. MENGEMBANGKAN PRIBADI DAN PROFESIONALITAS SECARA BERKELANJUTAN
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat.
  3. Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional.
  4. Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat kedua.
  5. Bekerjasama dengan pihak-pihak terkait di dalam tempat bekerja (seperti guru, orangtua, tenaga administrasi).
  6. Mengimplementasikan kolaborasi antar profesi.

Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta: