Dahulu kala, ada sebuah kota kecil. Hiduplah seorang pria seorang diri yang tidak dapat melihat. Dia buta. Namun, dia selalu membawa lampu menyala bersamanya setiap kali dia keluar rumah di malam hari.

Suatu malam ketika dia pulang ke rumah setelah makan malam di luar, dia bertemu dengan sekelompok wisatawan muda. Mereka melihat bahwa dia buta, namun membawa lampu yang menyala. Mereka mulai memberikan komentar padanya dan mengolok-oloknya. Salah satu dari mereka bertanya kepadanya, “Hey Man! Anda buta dan tidak bisa melihat apa pun! Kenapa kamu membawa lampu itu ?!

Orang buta itu menjawab, “Ya, sayangnya, saya buta dan saya tidak dapat melihat apa pun. Namun lampu yang saya bawa adalah untuk orang-orang seperti Anda yang dapat melihat. Anda mungkin tidak melihat orang buta datang dan mungkin akan menabrak saya. Itu sebabnya saya membawa lampu yang menyala ”.

Kelompok wisatawan itu merasa malu dan meminta maaf atas perilaku mereka.

Moral: Kita harus berpikir sebelum menilai orang lain. Selalu sopan dan belajar untuk melihat hal-hal dari sudut pandang orang lain.

Sumber: www.moralstories.org (dengan penyesuaian)

Baca cerita inspiratif lainnya …