2.1 Pengertian
Pelayanan responsif adalah pemberian bantuan kepada peserta didik yang menghadapi kebutuhan dan masalah dan memerlukan pertolongan segera pertolongan segera supaya tidak menimbulkan gangguan dalam proses pencapaian tugas-tugas perkembangannya.
2.2 Tujuan
Pelayanan responsif bertujuan mengintervensi masalah-masalah atau kepedulian pribadi peserta didik yang muncul segera dan dirasakan saat itu, berkenaan dengan masalah pribadi-sosial, karier, dan atau masalah pengembangan pendidikan.
2.3 Fokus pengembangan
Fokus pelayanan responsif bergantung kepada masalah atau kebutuhan peserta didik. Masalah peserta didik pada umumnya tidak mudah diketahui secara langsung tetapi dapat dipahami melalui gejala-gejala perilaku yang tampak seperti:
a. merasa cemas tentang masa depan
b. merasa rendah diri
c. berperilaku impulsif (kekanak-kanakan)
d. bolos sekolah
e. malas belajar
f. memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik
g. kurang bisa bergaul
h. prestasi belajar rendah
i. malas beribadah
j. pergaulan bebas
k. tawuran
l. stress
m. masalah keluarga
2.4 Strategi Pelaksanaan Pelayanan Responsif
Ada sembilan point penting dalam strategi pelaksanaan pelayanan responsive, baca selanjutnya..
Sumber : Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal
Kegiatan dan Layanan Seksi Bimbingan Konseling & Psikoedukatif – BPK PENABUR Jakarta: