Jakarta – Sie BK & Psikoedukatif BPK PENABUR Jakarta telah mengadakan Pelatihan Pembuatan Media Presentasi untuk guru BK Jenjang SD – SLTA. Pelatihan ini diadakan pada hari Selasa dan Rabu, 8 – 9 November 2016, diikuti oleh 25 orang guru BK. Pelatihan ini adalah kelanjutan dari pelatihan public speaking yang telah diadakan sebelumnya dengan tema “I Can Speak”.

Praktek Mengedit Gambar

Presentasi Peserta

Presentasi Peserta

Pelatihan selama dua hari ini dimulai puluk 08.00 sampai 15.00 WIB. Fasilitator pada pelatihan kali ini adalah Bapak Maman dari Bagian Desain Multimedia BPK PENABUR Jakarta. Materi pada hari pertama adalah belajar mengedit gambar, video, maupun suara untuk disesuaikan dengan kebutuhan materi presentasi. Aplikasi yang digunakan adalah Adobe Photoshop, Corel Video Studio, Audacity, dan Ms Power Point. Setelah penyampaian materi, peserta langsung mempraktekkan apa yang diajarkan sambil dibimbing langsung oleh Bapak Maman dan Bapak Alex (Staf IT).

Pada hari kedua, peserta menyusun materi presentasi dengan gambar, video, dan suara yang telah diedit sesuai kebutuhan. Beberapa peserta mempresentasikan materi yang dibuat untuk kemudian dibahas bersama kesulitan-kesulitan yang ditemui saat menyusun materi.

Dengan diadakannya pelatihan ini, guru-guru BK semakin diperlengkapi untuk dapat menyampaikan materi dengan menarik serta fasih menggunakan berbagai aplikasi untuk mengedit gambar, video, maupun suara. Selanjutnya pelatihan-pelatihan lain untuk guru-guru BK akan terus diadakan untuk menjawab kebutuhan yang semakin beragam. (SH)