Seminar Tes Bakat Minat AKW 5.11.16

Penyampaian Materi

Seminar Tes MInat Bakat AKW 5.11.16

Tanya Jawab

Kota Wisata – Seminar Hasil Tes Minat dan Bakat pada hari Sabtu, 5 November 2016, dimulai pukul 08.00 – 10.00 wib di SMAK PENABUR Kota Wisata dihadiri oleh orang tua siswa kelas X. Seminar diawali dengan sambutan selamat datang oleh Ibu Naomi Lestaria (Guru BK) kemudian sambutan dari Kepala Sekolah  yang saat itu diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yaitu Ibu Manur Naibaho, dan dilanjutkan dengan Doa Pembukaan.

Penjelasan oleh Ibu Henny Wirawan (Meliora) dimulai dengan membahas mengenai kondisi-kondisi yang dapat mempengaruhi hasil tes bakat dan minat anak, yaitu: sedang sakit saat mengikuti tes, belum sarapan dari rumah, habis dimarahi orangtua, atau kurang tidur. Jadi pada dasarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi sehingga hasil tes mungkin belum sesuai dengan harapan orangtua. Demikian diharapkan hasil tes ini tidak mutlak harus diterima tapi sebagai potret atau gambaran perkembangan anak yang mengikuti tes.

Selanjutnya Ibu Henny menjelaskan tentang hasil Tes IQ (Keceradasan), Kematangan Emosi, Gaya Belajar, Kepribadian Minat, dan Hubungan Relasi dalam Bermasyarakat dan Relasi dengan Keluarga.

Pada acara ini banyak orangtua yang  yang mengajukan pertanyaan, antara lain seperti tentang bagaimana meningkatkan rasa percaya diri anak, memotivasi anak belajar, dan bagaimana mengurangi bermain games. Jawaban dari semua pertanyaan tersebur pada dasarnya kembali pada orang tua yaitu dengan menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Orang tua dapat menjadi teman bagi anak bukan polisi yang penuh dengan pertanyaan yang selalu berulang-ulang di tanyakan sehingga anak sebelum ditanya sudah memberikan jawaban. Tetapi mulailah dengan menanyakan perasaan, keadaan anak di sekolah dan mencoba memahaminya, maka anak akan merasa nyaman dan tenang saat bercerita pada  orangtua.

Seminar selesai tepat pada pukul 10.00 WIB dengan diambil kesimpulan:

Anak yang diberikan Tuhan pada kita adalah harta yang tidak bisa digantikan dengan apapun dan mereka diciptakan Tuhan sangat unik dan memiliki kelebihan yang luar biasa, marilah kita sebagai orang tua membantu, membina anak-anak kita menjadi kemuliaan bagi Tuhan. Amin.

Sumber: Ibu Naomi Lestaria (Guru BK SMAK PENABUR Kota Wisata)