Unsplash / Ben White

Ayah dan Bunda yang mendapati putera dan puterinya mendapatkan nilai jelek sering bertanya, “kok bisa nilainya jelek, dia tidak paham materinya kah?”.

Ayah dan bunda bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut :

  1. Dirumah mengulangi materi yang diberikan di sekolah. Apabila anak masih belum paham, jangan tergesa-gesa berpindah ke materi berikutnya.
  2. Berikan latihan-latihan mulai dari yang sangat sedehana hingga latihan yang lebih sulit. Pastikan anak paham terlebih dahulu. Jangan terlalu fokus pada cepatnya ia menyelesaikan tugas, tetapi lebih kepada pemahamannya.
  3. Latihan hendaknya diberikan setiap hari, hindari belajar hanya saat menjelang ulangan.
  4. Pembelajaran dapat menggunakan media untuk membantu anak memahami materi.
  5. Membuat ringkasan dari materi yang dipelajari, berikan tanda pada penjelasan dari materi yang dianggap penting.
  6. Berikan reinforcement social seperti pelukan, acungan ibu jari atau ciuman saat anak berhasil menyelesaikan latihan dan memahami materi. Sebaliknya, hindari kata-kata negatif yang dapat melemahkan semangat belajarnya.
  7. Berikan kesempatan bagi anak untuk bertanya sebanyak-banyaknya. Orangtua dengan sabar menjawab setiap pertanyaan anak.
  8. Gambarkan grafik hasil belajar anak supaya anak juga dapat menilai dirinya.
  9. Bagi orangtua yang sibuk bekerja, sempatkan sedikit waktu untuk berinteraksi dengan anak, menanyakan tentang apa saja yang anak dapatkan di sekolah, keberhasilan dan kesulitannya dalam pelajaran, tentang teman-temanya dan kegiatanya selama sehari. Berikan selalu motivasi dan semangat kepada anak.

Selamat mencoba Ayah dan Bunda…!

Penulis: Valleria Vidya (Psikolog)

Baca artikel psikologi lainnya: