Tangerang – Sabtu, 21 Januari 2017 SMPK PENABUR Gading Serpong telah mengadakan kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) dengan topik yang ke lima yaitu “Papa Mama Tempat Curhat” yang dibawakan oleh Bapak Darmawan Susanto, S. Pd (Guru BK SMPK PENABUR Gading Serpong). Kegiatan yang bertempat di ruang meeting lantai 2 gedung SMAK PENABUR Gading Serpong ini dihadiri oleh 64 orang tua siswa yang sangat antusias selama mengikuti kegaiatan berlangsung. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 10.00 WIB.

Pada pertemuan KKO ke lima ini para orang tua diajak belajar bersama bagaimana menjalin komunikasi yang efektif dengan anak-anaknya, sehingga tercipta kepercayaan dari anak untuk menjadikan orang tua sebagai tempat curhat yang nyaman. Hal ini di berikan karena pada masa perkembangannya, anak-anak usia SMP ini masuk dalam masa remaja yang penuh dengan perubahan dalam dirinya baik fisik maupun psikis. Oleh karena itu perlu yang namanya perhatian dari orang tua. Dengan kegiatan ini orang tua belajar mengerti bagaimana perkembangan anaknya dalam masa remaja ini, sehingga mampu menempatkan dirinya sebagai teman curhat yang nyaman bagi anak-anaknya dimasa remaja ini.

Orang tua perlu mengerti dan memahami keadaan anak-anaknya dalam masa remaja ini, karena dengan demikian para orang tua bisa mengerti dan memahami bagaimana gaya komunikasi anak remaja, jelas bp Darmawan Susanto, S. Pd dengan penuh semangat. Selain itu para orang tua juga diajak sharing berkelompok berdasarkan pengalaman mereka masing-masing dalam menghadapi anak-anaknya selama ini.

Harapan dari KKO ke 5 ini adalah para orang tua mampu menjadi tempat curhat bagi anaknya dengan cara mengerti gaya komunikasi anak remaja, sehingga anak menaruh kepercayaan kepada orang tua untuk mau sekedar ngobrol tentang diri dan dunianya dan akhirnya terjalin komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak.

Penulis : Albertus Dhita Anggoro (Guru BK SMPK Gading Serpong)